Mark Zuckerberg Membeli Lahan Bekas Waduk Milik James Pflueger di Hawaii Rp240 Miliar

  • Bagikan
finroll mark zuckerberg membeli lahan bekas waduk milik james pflueger di hawaii rp240 miliar
finroll mark zuckerberg membeli lahan bekas waduk milik james pflueger di hawaii rp240 miliar

Mark Zuckerberg benar-benar cinta Hawaii. Ia terus memperluas propertinya di pulau tersebut, termasuk bekas bendungan yang jebol. Zuckerberg baru saja membeli lahan bekas waduk yang punya sejarah kelam. 15 tahun silam, waduk tersebut jebol dan menewaskan banyak orang.

Lewat perusahaannya, Kaloko LLC, Zuckerberg membeli lahan seluas 110 hektar di Kauai bulan lalu seharga USD17 juta (Rp240 miliar) dari sebuah perusahaan yang dimiliki oleh keluarga James Pflueger.

Nama James Pflueger sangat terkenal di Hawaii. Tapi, terkenal dengan sejarah kelam. Sebab, pada 2006 waduk tersebut tiba-tiba jebol dan membuat banjir yang menewaskan 7 orang. Hal itu terjadi karena Hawaii diguyur hujan selama 40 hari non stop. James Pflueger dianggap bertanggung jawab atas tragedi itu, disebut lalai terhadap pengelolaan bendungannya.

Pflueger dijatuhi hukuman tujuh bulan penjara oleh hakim pada 2014 dan dibebaskan pada 2015. Dia tutup usia pada 2017 pada usia 91 tahun.

Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chang mengaku sudah memenuhi persyaratan hukum dan menjamin keamanan waduk, kata Ben LaBolt, juru bicara pasangan itu.

Saat ini kondisi bendungan tersebut belum diperbaiki dan masih termasuk dalam daftar bendungan berisiko tinggi di Hawaii. Tapi, mengapa Zuckerberg membeli bendungan bekas? Ternyata, keduanya berencana memperluas lahan untuk pertanian peternakan, konservasi dan perlindungan satwa liar di tanah tersebut. ”Mereka sudah memiliki lahan seluas 1.300 hektar di pulau tersebut,” ujar LaBolt.

Sumber : sindonews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->