Kamis, 11 Juni 2020

Wagub Klaim Kebijakan DKI Tangani Corona Jadi Rujukan


Finroll – Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim sejumlah kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menangani virus corona menjadi rujukan daerah lain.

Berdasarkan laman data pemantauan corona Jakarta, Pemprov DKI sudah menerbitkan sekitar ratusan kebijakan untuk menangani virus corona . Bahkan kebijakan dan regulasi itu diterbitkan sejak awal Januari 2020 ketika virus belum terdeteksi di Indonesia.

“Mohon maaf, regulasi kita ini termasuk yang terbaik. Menjadi rujukan, menjadi contoh bahkan dari daerah yang lainnya,” kata Riza dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (10/6).

Sejumlah kebijakan dan regulasi yang diterbitkan DKI beragam. Mulai dari peraturan gubernur, keputusan gubernur, seruan gubernur, hingga surat edaran di tingkat kepala dinas.

Lebih lanjut, menurut Riza daerah lain juga menunggu regulasi dan kebijakan yang diterbitkan oleh Pemprov DKI. Politikus Partai Gerindra itu menyebut bahwa segala regulasi itu dibuat agar jajaran Pemprov bekerja dengan cepat dan tepat.

“Pak Gubernur ingin cepat, kita semua serba cepat, serba komprehensif, terintegrasi, terkoneksi, terkoodinir. Semua kita buatkan (regulasi),” tutur Riza.

Menurut Riza, dalam membuat regulasi itu Pemprov DKI juga menggandeng sejumlah ahli dan pakar kesehatan masyarakat. Tidak hanya itu, semua regulasi yang dibuat juga hasil koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 dan pemerintah pusat.

“Semua kita koordinasikan dengan baik, sehingga jadilah sebuah regulasi yang komprehensif dan holistik,” jelas Riza.

BACAAN TERKAIT