APPBI DKI proyeksikan transaksi capai Rp12,5 triliun dengan adanya ISF

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta memproyeksikan pencapaian transaksi di seluruh pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta dapat tembus sekitar 25 persen atau Rp12,5 triliun pada bulan ini berkat diadakannya Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 .

Ketua DPD APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan proyeksi tersebut dibuat mengingat saat ini pencapaian tingkat kunjungan (traffic) ke pusat belanja rata-rata sekitar 70 persen dibandingkan dengan keadaan traffic konsumen sebelum pandemi COVID-19.

APPBI DKI Jakarta sendiri menaungi sebanyak 96 pusat belanja (mal dan trade center). Sementara di tingkat nasional, APPBI mencatat total 388 pusat belanja yang telah menjadi anggota asosiasi tersebut.

Baca juga: Pemprov DKI harap gelaran ISF 2022 bisa bangkitkan ekonomi Jakarta

Mengingat wilayah DKI menyumbang jumlah pusat belanja yang cukup besar, Ellen mengatakan gelaran ISF dapat membantu pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi di tingkat nasional serta wilayah Jakarta, khususnya di bidang ritel.

“Tentunya tujuan dari diadakannya Indonesia Shopping Festival, kami berharap bahwa tahun 2022 ini merupakan tonggak pergerakan ekonomi kembali, khususnya untuk bidang ritel,” kata Ellen saat pembukaan acara tersebut di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis.

Bank Indonesia (BI) memroyeksikan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta berada pada kisaran 5,3 persen hingga 6,1 persen. Proyeksi tersebut menandakan angka yang signifikan jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang hanya tumbuh 3,56 persen pada tahun lalu.

Melalui semakin aktifnya kegiatan seperti ISF 2022 yang digelar mulai hari ini hingga 21 Agustus, APPBI DKI Jakarta memandang bahwa keyakinan konsumen pun akan meningkat yang kemudian akan mendorong kegiatan perdagangan ritel, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada Kamis, ISF 2022 dibuka secara serentak melalui pertemuan secara langsung dan virtual dari berbagai kota di Indonesia, tidak hanya dari Jakarta melainkan juga Banten, Yogyakarta, Surabaya, serta Palembang. Sementara acara pembukaan utama dilakukan di Surakarta.

ISF 2022 menawarkan promo dan program menarik dari pusat belanja yang menjadi anggota APPBI, mulai dari promo diskon hingga 77 persen, pameran produk lokal binaan Jakpreneur dan UMKM, peragaan busana dari para desainer tanah air, festival kuliner nusantara, program belanja, hingga berbagai pertunjukan musik dan tari selama periode kegiatan.

Festival belanja ini juga diadakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77. Melalui ISF 2022, Ellen mengatakan diharapkan para konsumen dapat menikmati semangat kemerdekaan, serta para retailer dan tenant dapat berpartisipasi secara positif untuk menggelar diskon-diskon dalam berbagai bentuk.

Sementara itu terkait dengan kebijakan peraturan pembatasan karena pandemi COVID-19, Ellen mengakui kebijakan pembatasan selama lebih dari dua tahun terakhir, mulai dari PSBB hingga PPKM, memang memberatkan operasional pusat belanja.

Namun demikian, pihaknya bersama para anggota APPBI tetap ingin membantu pemerintah untuk mempercepat terjadinya vaksinasi pada seluruh masyarakat. Selain itu, APPBI juga berkomitmen untuk melaksanakan protokol kesehatan dan menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: APPBI harap pemerintah tunda kenaikan PPN 11 persen

Baca juga: APPBI pastikan mal aman untuk pengunjung di bawah 12 tahun

Baca juga: Asosiasi harap anak di bawah 12 tahun boleh masuk pusat perbelanjaan

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->