简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Disparekraf DKI promosi wisata Jakarta di JTF 2022 Balikpapan

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta memperkuat promosi wisata Ibu Kota melalui gelaran Jakarta Travel Fair (JTF) 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai Jumat (7/10) hingga Minggu (9/10).

Mengusung tema “#Jakcation, Feel The Urban Vibe”, JTF kali ini mengambil lokasi di E-Walk Balikpapan Mall. Sebelumnya, Disparekraf telah melaksanakan JTF di dua kota lain yaitu Medan, Sumatera Utara; dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparekraf DKI Jakarta Dedi Sumardi mengatakan daya tarik Ibu Kota Jakarta dengan banyak sekali lokasi wisata ikonik memiliki peminat wisata domestik yang tinggi, terlebih dengan perombakan konsep yang semakin inklusif.

“Revitalisasi yang sudah berlangsung di beberapa titik seperti Kota Tua, Taman Ismail Marzuki, makin membuat wisatawan nyaman dengan sarana prasarana yang ramah lingkungan. Begitu pula dengan Taman Mini Indonesia Indah yang makin kinclong dan siap menjadi destinasi wisata dan edukasi warga,” kata Dedi melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Malam puncak Abang None Jakarta 2022 digelar hari ini

Menurut Disparekraf, JTF 2022 menawarkan beragam paket wisata terjangkau dan memberikan kemudahan masyarakat Balikpapan untuk berkunjung ke Ibu Kota.

JTF 2022 bekerja sama dengan para pegiat usaha pariwisata dan ekonomi kreatif ibukota seperti biro perjalanan wisata (tour operator dan travel agent); hotel; meeting incentive convention and exhibition (MICE); serta obyek wisata seperti atraksi wisata, mall, dan venue.

“Selain lokasi dan atraksi, Jakarta sebagai kota global juga memiliki potensi wisata MICE yang jadi referensi. Opsinya semakin banyak, mulai dari ratusan hotel berfasilitas lengkap, hingga Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang mampu menampung total kapasitas hingga 82.000 orang, Kepulauan Seribu pun bisa jadi pilihan berlangsungnya MICE,” kata Dedi.

Tak hanya paket wisata, melalui JTF 2022 masyarakat Balikpapan akan disuguhi beragam kesenian Jakarta, momen bersama komunitas lokal Balikpapan, games, kuis berhadiah merchandise khas Jakarta, program bincang-bincang hingga penampilan dari Saykoji dan Disko Pantera.

Sebagai informasi, menurut data Kemenparekraf, destinasi wisata domestik masih menjadi primadona bagi warga untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Mobile Positioning Data (MDP) menunjukkan wisatawan domestik mengalami jumlah pertumbuhan yang meningkat sejak 2019. Tercatat jumlah peminat wisata oleh wisatawan domestik mencapai 525 juta pergerakan pada 2021 dan diproyeksikan sepanjang tahun 2022 akan meningkat hingga 550 juta pergerakan.

Menurut Disparekaf DKI Jakarta, angka tersebut menjanjikan kesempatan besar bagi Ibu Kota dalam menangkap peluang wisatawan domestik mengunjungi Jakarta yang telah siap dengan pilihan wisata urban perkotaan dengan fasilitas lengkap yang terdigitalisasi.

Baca juga: Pemprov DKI promosikan pariwisata Jakarta di Bangkok

Baca juga: Jakarta Film Week diharapkan dorong kolaborasi sineas internasional

Baca juga: Nikmati akhir pekan dengan berwisata urban Jakarta di JTF

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->