Sabtu, 20 Februari 2021

Barang yang Harus Anda Bawa Ketika Berkendara Motor Saat Hujan


Pengendara sepeda motor direkomendasikan membawa beberapa perlengkapan tambahan yang bisa membantu berkendara tetap aman dan nyaman dalam kondisi curah hujan tinggi seperti belakangan ini.

Hujan yang terus turun di berbagai wilayah Indonesia selama Februari membuat berkendara lebih sulit, apalagi bila debit air terlalu tinggi hingga menyebabkan banjir di mana-mana.

Berikut barang-barang yang bisa dibawa pengendara untuk menghadapi musim hujan:

1. Jas hujan

Perlengkapan ini wajib dibawa buat pengendara agar tetap bisa beraktivitas ketika hujan mulai turun. Jenis jas hujan yang disarankan yaitu setelan yang terdiri dari celana panjang dan kemeja antiair.

Jenis setelan membuat pengendara tetap bisa bergerak bebas, ini penting saat berkendara dalam kondisi sulit ketika hujan. Memilih jas hujan juga diimbau berwarna cerah agar terlihat pengguna jalan lain walau visibilitas berkurang saat hujan, jika inginnya warna gelap disarankan memilih yang tersedia stiker reflektor.

Disarankan pengendara tidak menggunakan jas hujan jenis ponco sebab pada dasarnya jenis ini tidak didesain untuk berkendara. Hal ini juga untuk menghindari potensi kecelakaan karena bagian jas hujan ponco yang menjuntai tersangkut pada komponen bergerak sepeda motor.

Harga jas hujan sekarang pun bervariasi sesuai dengan kualitas bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang pedagang jas hujan bermunculan pada saat Anda berteduh di halte, dibawah jembatan dengan kualitas jas hujan sekali pakai dengan harga terjangkau.

2. Sarung tangan

Pengendara dianjurkan memilih sarung tangan yang menutupi seluruh ruas jari. Diimbau juga memilih sarung tangan bahan kulit yang memiliki daya serap air rendah sehingga tidak licin saat harus memutar pedal gas dan tetap nyaman dipakai ketika hujan. Sarung tangan juga harus Anda rawat dari kotoran debu jangan sampai ketika hujan sarung tangan Anda menjadi sarang sangat kotor dan berbau.

3. Sarung sepatu

Pemilihan sarung sepatu disarankan sesuai ukuran sepatu yang digunakan dan pastikan bagian tapaknya antiselip. Cari sarung sepatu yang berkualitas, misalnya pengikat tali yang tidak mudah lepas. Anda bisa mengakali sarung sepatu dengan menggunakan kantong kresek plastik yang sesuai dengan ukuran sepatu Anda lalu diikat dengan karet.

4. Cairan antiembun

Embun di kaca helm bukan masalah sepele karena bisa menghalangi pandangan pengendara. Cairan antiembun bisa dibawa pengendara untuk digunakan saat diperlukan.

Jababeka industrial Estate

Manager Safety Riding Astra honda Motor (AHM) Johanes Lucky mengatakan perlengkapan berkendara yang tepat dalam menghadapi hujan akan mendukung keselamatan dan keamanan berkendara.

“Kecermatan sebagai bikers dalam memilih perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan tentu akan semakin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pemilihan warna, desain, dan jenis bahan dapat menjadi pertimbangan agar kita tetap saling menjaga keselamatan berkendara di jalan,” ujar Lucky. Produk cairan antiembun saat ini sudah banyak tersedia di marketplace mulai dari cairan hingga stiker antiembun plus anti air sesuai dengan kualitas dan harga yang bervariasi.

BACAAN TERKAIT