Jumat, 16 Agustus 2019

Kenakan Baju Kurung Warna Putih Pada Sidang Tahunan MPR RI 2019, Ibu Iriana Jokowi Tampil Anggun


Finroll.com — Acara Sidang Tahunan MPR RI 2019 kali ini mengambil tema “SDM Unggul, Indonesia Maju” dan digelar pada Jumat (16/8/2019).

Dalam sidang tahunan kali ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato dalam tiga sesi. Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Sementara Jokowi memakai setelan jas biru dengan kemeja putih. Tampilannya dilengkapi dengan tambahan dasi merah.

Dengan mendampingi Jokowi, Ibu Iriana tampil dengan pakaian adat berupa baju kurung berwarna putih. Pakaian adat Ibu Iriana Jokowi berupa baju kurung ini dihias dengan tambahan renda dan detail mutiara di beberapa bagian termasuk leher dan bagian bawah baju kurungnya.

Baju kurungnya dibuat dengan detail leher yang melebar. Sebagai padanannya dia menggunakan bawahan kain dan selendang kain batik berwarna cokelat dengan sentuhan warna vintage. Baju bergaya ini membuat Iriana Jokowi terlihat anggun dan elegan.

Kain batik dan selendang yang dipilih Iriana memilih motif batik parang. Motif batik dari Jawa ini merupakan salah satu motif dasar yang paling tua. Secara umum, motif parang memiliki makna untuk tak pernah menyerah. Batik ini juga menggambarkan jalinan yang tak pernah putus dalam berbagai hal seperti memperbaiki diri, memperjuangkan kesejahteraan, dan pertalian keluarga.

Selain itu tampilannya Ibu Iriana Jokowi juga terlihat mewah dengan aksesori mutiara. Anting, kalung, gelang, cincin, dan selopnya juga memiliki detail mutiara di heelsnya.

Meski bukan pertama kalinya Iriana Jokowi memakai pakaian adat, namun baju yang dipakai Iriana ini membuat dia terlihat anggun dan bersahaja.

Berbeda dengan Iriana yang memakai baju kurung dengan warna netral, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla menggunakan pakaian adat berupa kebaya aneka warna.

Ibu Mufidah Jusuf Kalla terlihat cukup berani dengan menggunakan kebaya hijau dengan kain bawahan dan selendang berwarna merah. Ibu Mufidah Jusuf Kalla
juga memadukan kebaya hijau dengan kalung manik berwarna kuning.

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT