Kamis, 24 Januari 2019

Ketika Pemerintah Ingin Jadikan Sarung Bagian Dari Busana Sehari-hari


Finroll.com – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian akan mengembangkan potensi sarung sebagai bagian dari gaya busana sehari-hari.

“Sarung itu di berbagai daerah, dari Aceh hingga Merauke punya. Kami ingin angkat sarung se populer batik dan tenun. Kami ingin sarung jadi new lifestyle,” ujar Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin, Gati Wibawaningsih yang dilansir dari Antara, Kamis (24/1).

Gati menambahkan, dalam tahap awal pihaknya akan melakukan edukasi dan sosialisasi potensi sarung di seluruh Indonesia. Diharapkan, masyarakat bisa menyadari sarung bisa di jadikan pakaian sehari-hari dalam beraktivitas.

“Semakin banyak masyarakat yang pakai, itu akan semakin terangkat. Misalnya batik yang dulu dianggap kuno, sekarang kan anak-anak muda sudah banyak yang pakai untuk gaya,” sambungnya.

Baca Lainnya: Yuk Intip Foto dan Ucapan Tokoh Publik di Hari Batik Nasional Lewat Akun Sosmed

Kemenperin juga akan menggandeng sejumlah pihak dalam pengembangannya, salah satunya adalah perancang busana untuk lebih menggaungkan keragaman sarung nusantara.

Di sisi lain, pada kunjungan kerjanya ke Unit Pengembangan Industri Pertekstilan (UPT) Majalaya Bandung, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta pelaku usaha setempat agar mengembangkan sarung sebagai potensi busana lokal.

Airlangga pun optimis jika suatu hari sarung bisa menjadi gaya hidup baru masyarakat dalam berbusana sehari-hari.

“Saat ini banyak orang yang menggunakan sarung, dan sarung akan menjadi new lifestyle,” tandasnya.

Sumber: Antara

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT