Yuk Intip Cara Merawat Tas Kulit!

  • Bagikan

Keterangan foto : Ilustrasi tas kulit

 

Finroll.com – Sebuah tas kulit memang sangat tergantung cara kamu memperlakukan dan merawat tas tersebut, juga dapat memengaruhi usia tas tersebut. Terutama tas kulit yang rentan rusak dan berubah warna. Jangan khawatir, jika kamu merawatnya dengan benar, tas kulit kamu bakal awet dan akan selalu terlihat seperti baru. Ikuti cara merawat tas kulit berikut agar awet dan tahan lama.

 

Disaat kamu membeli tas baru, biasanya kamu akan mendapatkan dust bag, yaitu sebuah kantong pembungkus tas yang berfungsi untuk melindungi tas dari debu dan kotoran lain saat disimpan. Biasanya dust bag disertakan pada tas yang terbuat dari bahan kulit.

 

Jadi, jangan buang dust bag ini, karena kamu memerlukannya untuk membungkus tas kulit kesayanganmu. Tapi ingat, jangan terlalu lama menyimpan tas di dalam dust bag. Kamu tetap perlu mengeluarkan tas kamu untuk mendapatkan udara agar tidak terlalu lembap sehingga berjamur. Paling tidak dua minggu sekali kamu perlu mengeluarkan tas kamu dari dust bag.

 

Tas kulit yang jarang dipakai, mudah berubah bentuknya, apalagi tas kulit yang berukuran besar. Jika kamu meletakkannya di lemari dan tertindih oleh tas atau barang lain, maka bisa timbul lipatan atau bentuknya sudah tidak lagi seperti ketika kamu pertama membelinya. Karena itu, kamu perlu mengisi tas dengan bubble wrap atau bisa dengan kain bekas, kertas, plastik, dan sebagainya, untuk menjaga agar bentuk tas kamu tetap terjaga dengan baik. Apalagi bila tas kamu berbentuk konstruktif.

 

Pasalnya tas bukan hanya menjadi alat yang berfungsi membawa barang yang kita butuhkan saat bepergian. Tas juga menjadi pelengkap fesyen, pernyataan fesyen, bahkan tas-tas desainer dengan harga ratusan hingga puluhan ribu dolar sering kali bertujuan menaikkan status sosial penggunanya.

 

Yuk intip tips cara merawatan tas berbahan dasar kulit, :

1. Jangan pernah memegang tas Anda dengan tangan kotor

Tas berbahan dasar kulit dikenal bisa menyerap lemak dan minyak. Jika Anda harus menyentuh tas kulit Anda dengan tangan yang kotor, segera seka permukaan tas yang terkena minyak/kotoran dengan lap lembab yang bersih.

 

Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan lap terlalu basah karena air yang terlalu banyak akan membuat permukaan kulit tas basah yang membutuhkan waktu lama untuk kembali kering.

 

2. Ketahui bahan dasar kulit yang digunakan sehingga Anda bisa memutuskan perawatan yang tepat

Kebanyakan tas berbahan dasar kulit menggunakan pewarna tumbuhan yang seiring waktu memudar dan juga larut saat terkena air. Jenis kulit buaya seperti yang sering digunakan tas-tas high end misalnya mudah rusak oleh air sehingga membutuhkan perawatan spesialis.

 

3. Bersihkan tas Anda setiap kali selesai dipakai

Gunakan prinsip sederhana: hilangkan kotoran setiap kali Anda melihatnya dan bersihkan tas sebelum Anda menyimpannya. Tas-tas dengan label kelas dunia seperti Coach dan Bally biasanya memiliki roduk perawatan tas yang bisa Anda gunakan untuk merawat tas kesayangan Anda.

 

Jangan melewatkan untuk membersihkan bagian besi/hardware-nya untuk menghindari kekusaman pada bagian ini dan gunakan kondisioner khusus kulit sebelum Anda menyimpan tas ini.

 

4. Jangan gunakan jins baru bersama tas Anda yang berwarna cerah dan pastikan pulpen Anda tertutup rapat

Anda tentu kesal saat menyadari jins yang Anda gunakan mengakibatkan noda pada tas Anda. Sebelum ini terjadi, ketahuilah bahwa noda akibat pewarna jins yang terkena ke kulit tas adalah salah satu jenis noda yang paling sulit untuk dibersihkan.

 

Jadi, hindari menggunakan jins warna gelap (apalagi baru) saat Anda menggunakan tas berwarna cerah. Pulpen yang bocor atau lipstik yang tidak tertutup rapat juga bisa jadi sumber masalah. Pastikan penutup pulpen Anda terpasang erat dan amankan semua peralatan yang berisiko di dalam tempat terpisah sehingga bagian dalam tas Anda tetap terlindungi dari noda.

 

5. Simpan tas Anda di tempat yang tepat

Untuk menghindari warna kulit yang memudar dan kerusakan pada bahan kulit, hindari ruangan yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Panas bisa membuat kulit mengering dan mengakibatkan permukaan kulit terpecah-pecah.

 

Cara terbaik merawat tas Anda adalah membersihkannya sekali dalam 2 atau 3 bulan. Letakkan tas dalam dustbag dan isi bagian dalam tas sehingga tas Anda tidak mengalami perubahan bentuk. Jangan lupa untuk memasukkan silica gel untuk menghindari kelembaban berlebih yang bisa membuat tas Anda berjamur. (red)

  • Bagikan
-->