Jumat, 21 Desember 2018

Tanggal 21 Desember Disney Merilis Film Animasi Terpanjang Yang Pertama di Dunia


Kolaborasi antara kakak beradik Walt Disney dan Roy Oliver Disney menghasilkan beberapa karakter kartun yang sampai sekarang dikenal banyak orang.

Finroll.com – Melalui perusahaan yang mereka dirikan, The Walt Disney Company, kakak-adik ini menyajikan film animasi yang dicintai penggemarnya. Berawal dari karakter Julius The Cat, Disney kemudian melahirkan banyak karakter lain yang terbilang ikonik.

Hari ini 81 Tahun yang lalu, tepatnya pada 21 Desember 1937, Disney merilis film animasi dengan judul Snow White and the Seven Dwarfs. Film animasi ini dirilis perdana di sebuah bioskop di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Sejarah mencatat Snow White and the Seven Dwarfs sebagai film animasi panjang pertama di dunia dengan durasi sekitar 83 menit. Film animasi ini juga merupakan salah satu film terbesar Disney pada masa itu.

Dilansir dari Britannica, sejak Disney memperkenalkan karakter seperti Mickey Mouse dan Donald Duck, banyak masyarakat menunggu karakter apalagi yang akan dilahirkan oleh Disney. Kemudian, muncul sebuah ide dari Disney untuk memproduksi film animasi berdurasi panjang pertama dari sebuah studio di Amerika Serikat.

Baca Juga: Akhirnya Trailer Avengers 4 “End Game” Muncul Dipermukaan

Disney bertekad membawa legenda Snow White ke layar animasi setelah melihat dongeng terkenal itu pada 1916. Kisah Snow White ini sebelumnya sudah diperkenalkan oleh salah satu penghasil dongeng terbesar dunia, The Brothers Grimm yang dipublikasi pertama pada 1812.

Sebagai wujud keseriusan dalam membuat film animasi ini, Disney menggelontorkan dana sebesar 250.000 dollar dan memulai produksinya pada 1932. Disney menambahkan beberapa soundtrack lagu dalam film ini. Lagu-lagu seperti “Whistle While You Work”, “Heigh-Ho”, dan “Someday My Prince Will Come” masih memikat generasi milenial saat ini. Snow White and Seven Dwarfs pun memiliki album soundtrack pertama yang dirilis secara komersial.

Sebelum rilis perdana, untuk menggaet penonton, Disney menggunakan kampanye pemasaran yang luar biasa dengan pembuatan topi dan boneka untuk dikenakan pada malam pembukaan. Setelah dirilis, film animasi ini mendapatkan pujian dari berbagai sutradara dan sineas.

Mereka menilainya sebagai film terbesar yang pernah diproduksi. Selain itu, Snow White and Seven Dwarfs dengan cepat dinyatakan sebagai film terlaris pada masanya. Dalam film itu, Disney juga berhasil mengajak penonton untuk bisa mengeksplorasi emosi seseorang melalui alur cerita dan menambah komedi yang diperlihatkan tujuh kurcacinya.

Penghargaan Khusus

Pada 1939, film animasi ini mendapatkan penghargaan khusus dalam ajang Academy Awards ke-11. Piala Oscar non-kategori ini diberikan untuk Walt Disney atas jasanya menghadirkan “inovasi layar lebar untuk film animasi yang memikat jutaan orang dan penonton”.

Dampak film ini luar biasa bagi Disney yang mampu menghasilkan film-film animasi selanjutnya. Film itu termasuk Pinnochio (1940), Dumbo (1941), dan Bambi (1942). Snow White and the Seven Dwarfs menghasilkan 8 juta dollar AS secara pada rilis awal dan masuk daftar sepuluh teratas film terlaris ketika itu.

CIMB NIAGA

Pertaruhan besar Disney yang mengeluarkan dana besar dan kerja keras dalam pembuatan film ini terbayar. (Kompas.com)

BACAAN TERKAIT