Jumat, 19 Februari 2021

Webtoon, Komik Digital Masa Kini


Yap, seperti yang kita ketahui, komik juga ikut berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Kalau dulu harus antre ke toko buku untuk membeli komik, sekarang bisa langsung diakses lewat gadget-mu loh.

Sifatnya yang fleksibel ini kemudian menarik minat banyak orang untuk membaca dan membuat komik online. Kalau suka dengan ceritanya tinggal pencet tombol like. Mau meninggalkan jejak tinggal tulis saja di kolom komentar. Ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi langsung dengan kreator.

finroll line webtoon 1

Komik online ini ada yang dikenal dengan jenis webtoonWebcomic terdiri dari dua kata, yaitu “web” dan “comic” yang jika digabungkan memiliki arti komik yang diterbitkan di situs web. Jadi, webcomic adalah cerita komik yang dipublikasikan di situs web atau aplikasi tertentu yang bisa kamu akses secara online dari gadget milikmu. Contohnya seperti laptop dan smartphone

Di Korea Selatan sendiri, webtoon disebut dengan manhwa. Di sana webtoon menjadi komik online yang tengah digandrungi oleh kawula muda. Akan tetapi, istilah webtoon identik dengan aplikasi mobile yang dikeluarkan oleh perusahaan NAVER karena memiliki nama yang sama. 

Aplikasi ini sangat populer di negara asalnya, yaitu Korea Selatan maupun secara global. Di dalamnya terdapat berbagai judul komik yang dibagi menjadi beberapa genre seperti drama, fantasi, komedi, horor, dan slice of life.

finroll webtoonn

Seperti yang dijelaskan dalam Wikipedia tentang apa itu webtoon, sebenarnya perkembangan komik digital ini bisa dibagi menjadi empat generasi.

Berikut Empat Generasi Webtoon Komik Digital :

1. Generasi Nol Komik Digital

Ini merupakan layout komik digital yang paling pertama, di mana kamu hanya membaca hasil scan dari komik cetak yang diunggah oleh kreator ke internet. Untuk susunannya pun belum benar-benar diedit, karena hanya menggunakan beberapa teknik sederhana seperti cutting dan resize foto.

2. Generasi Pertama Komik Digital

Kreator mulai mengaplikasikan efek pada gambar komik. Pada generasi inilah kamu bisa mulai menikmati komik digital yang lebih menarik secara visual ketimbang generasi sebelumnya. 

3. Generasi Kedua Komik Digital

Di generasi ini, pembaca dimungkinkan untuk membaca komik dengan cara di-scroll vertikal ke atas dan ke bawah. Format seperti ini dirasa sangat cocok untuk memunculkan rasa penasaran pembaca soal kejadian apa yang akan dialami oleh tokoh selanjutnya. Apalagi kalau lagi asik-asik baca, eh malah bersambung. Geregetan banget! 

4. Generasi Ketiga Komik Digital

Nah, kalau yang ini merupakan generasi kita sekarang. Seiring dengan perkembangan teknologi, kamu bisa mengakses webtoon lewat mobile app yang ada di smartphone dan tablet milikmu.

Jababeka industrial Estate

Sebagian webtoon ada yang disediakan secara gratis loh, sehingga pembaca tidak perlu mengeluarkan uang untuk sekadar membaca komik. Sayangnya tidak semua cerita webtoon itu gratis. Ada juga yang mengharuskan kamu untuk membeli sejumlah koin virtual untuk dapat membaca chapter berikutnya. Namun webtoon berbayar ini sangat menguntungkan para kreator loh, karena mereka akan mendapatkan fee dari karya yang telah mereka buat. 

(Sumber: kreativv.com)

BACAAN TERKAIT