Selasa, 26 Oktober 2021

Mau Tahu Mengapa Alis Pria Lebat Dengan Bertambah Usia?


Mau tahu mengapa alis pria lebat dengan bertambah usia – Beberapa pria memiliki alis yang lebih lebat saat semakin tua begitu juga dengan rambut yang tumbuh di telinga dan hidung yang tumbuh bertambah panjang dan banyak. Sementara itu, rambut di kepala pria justru cenderung menipis. Ini adalah salah satu misteri tubuh manusia, tapi mengapa itu terjadi pada pria? Kualitas rambut pada pria dewasa dipengaruhi oleh kadar hormon testosteron. Menurut Dr. Danilo del Campo, dokter kulit di Klinik Kulit Chicago, hormon itu kemudian memengaruhi folikel rambut dari waktu ke waktu.

Mengutip Live Science, Sabtu (23/10/2021) semua rambut tubuh di tempat yang bernama folikel rambut. Siklus hidup folikel rambut ada tiga fase, yaitu: fase pertumbuhan (anagen), fase transisi dua minggu (katagen), dorman selama berbulan-bulan (telogen). Setelah folikel rambut tak aktif, rambuh akhirnya rontok atau kadang disebut sebagai fase exogen. Rambut pada berbagai bagian tubuh tumbuh berbeda-beda karena panjang fase yang tak sama. Misalnya saja rambut kulit kepala memiliki fase anagen terpanjang, biasanya mulai dari dua hingga tujuh tahun.

Bandingkan dengan alis yang memiliki fase anagen sangat pendek yaitu sekitar 30 hari. Periode pertumbuhan pendek ini diikuti oleh fase istirahat yang diperpanjang. Ini menjelaskan mengapa rambut alis biasanya hanya 1 sentimeter atau kurang. Panjang fase yang berbeda ini dipengaruhi oleh hormon yang beredar dalam tubuh. “Siklus rambut, serta struktur folikel rambut, sangat dipengaruhi oleh berbagai hormon,” terang Dr. Marie Jhin, presiden dermatologi utama di San Carlos, California. Secara khusus, pria sering memiliki tingkat androgen yang tinggi, terutama testosteron, sementara wanita cenderung memiliki tingkat androgen yang lebih rendah. Hormon androgen ini adalah alasan mengapa rambut pria tumbuh lebih cepat. Selama pubertas, androgen bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut di tempat seperti wajah, lengan, dan punggung.

“Androgen juga mengatur pertumbuhan rambut di bagian tubuh yang spesifik seperti area kemaluan, dada, dan ketiak,” kata Jhin.
Namun saat usia pria bertambah, beberapa folikel rambut tumbuh lebih sensitif terhadap hormon tersebut dari waktu ke waktu. Ketika folikel tumbuh lebih sensitif terhadap androgen, hormon menyimpannya dalam fase anagen lebih lama, yang mengarah ke pertumbuhan rambut lebih banyak di tempat-tempat seperti alis, hidung dan telinga. Jadi itu sebabnya beberapa pria yang lebih tua memiliki alis hirsute, rambut hidung panjang dan rambut telinga kumbang, tetapi kepala botak.

Sumber : www.kompas.com


Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT