Sabtu, 27 Februari 2021

4 Cara Mencegah Nyeri Haid Tanpa Obat Dokter


Kamu para kaum hawa pasti suka ngerasa terganggu bukan apabila perut kamu terasa nyeri banget saat datang bulan? Seringkali pula kita harus meminum obat dokter terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa nyeri yang dahsyat. Nah, kali ini kita akan membahasa beberapa cara yang cukup ampuh untuk mencegah nyeri haid yang berlebih, mau tahu?, Yuk simak artikel di bawah ini!

4 Cara Ampuh Mencegah Nyeri Haid

Makan yang banyak dan perbanyak olahraga

finroll mens

Jika kamu sudah mendekati tanggal datang bulanmu, usahakan kalian harus makan yang banyak yaa. Diet ketat atau tidak makan nasi yang teratur dapat memperburuk nyeri haid kamu dan bahkan bisa memperhambat proses haid kamu. Sadar atau tidak, darah yang dikeluarkan saat proses mens itu juga datang dari makanan. Jadi, jika kamu makan dengan teratur sebelum mens dan saat mens dapat membantu mencegah nyeri haid yang berlebihan.

Olahraga yang teratur juga jangan lupa yaa! Usahakan kamu melakukan jogging atau berjalan kaki minimal 20 menit seharinya agar otot-otomu lemas dan juga dapat menggerakan tubuhmu agar tidak kaku.

Rutin minum kunyit dapat mengurangi nyeri haid

finroll mens2

Apakah kalian tahu bahwa kunyit sangatlah bermanfaat bagi kita girls! Kunyit bermanfaat untuk memperlancar haid kamu dan juga bisa meredakan rasa nyeri haid. Nah, karena sedang masa pandemi ini mungkin jarang ada tukang jamu, kalian bisa kok bikin jamu kunyit sendiri dirumah. Simak step-step berikut ini yaa!

  • Siapkan kunyit, asem jawa, dan gula merah
  • Kupas kunyit terlebih dahulu lalu parut kunyit hingga bentuknya seperti keju parut.
  • Siapkan air di panci secukupnya lalu rebus air hingga mendidih.
  • Masukkan kunyit yang sudah di parut kedalam air yang mendidih lalu aduk-aduk sebentar
  • Setelah kunyit mendidih dan mengental, masukkan asam jawa dan gula merah secukupnya lalu biarkan
  • Jika rasanya sudah cukup enak, matikan kompor lalu tunggu hingga dingin
  • Setelah dingin, saring jamu kunyit dan setelah itu jamu kunyit siap diminum

Jangan terlalu sering mengkonsumsi air dingin

finroll mens3

Ketika mau datang bulan atau saat datang bulan, usahakan kalian jangan banyak mengkonsumsi air dingin. Air dingin dapat menghambat keluarnya darah haid dan haid kamu pun bisa jadi tidak lancar. Tersumbatnya darah di rahim bisa membentuk gumpalan yang membuat nyeri saat haid. Jadi, usahakan minum air putih hangat saja ya atau air putih biasa. Ohya, jangan lupa perbanyak minum air putih juga yaa!

Jangan terlalu sering makan junk food

finroll junkfoodd

Jenis makanan yang kamu makan ternyata berpengaruh banget lho terhadap kelancaran haid kamu, dan terkadang kalau kamu makannya jorok seperti suka nyemil ciki, minuman soda, minuman dingin sebelum haid datang bisa mengakibatkan haid mu terasa sakit dan suka tersendat.

Namun, dari beberapa cara diatas kembali lagi kepada kondisi tubuh kita masing-masing. Ada beberapa perempuan yang sudah melakukan berbagai cara tapi tetap sakit dan harus tergantung dengan obat medis. Jika sakit haid kalian sudah tak terbendung dan terbilang tidak normal segera check kedokter yaa!

BACAAN TERKAIT