Selasa, 16 Februari 2021

5 Manfaat Garam Untuk Membersihkan Peralatan Rumah Tangga


Pasti semua orang tahu tentang garam, dan manfaatnya yang kita tahu untuk penyedap masakan biar ada rasa dan lebih enak. ternyata garam tak sekadar sebagai penyedap masakan, garam juga bisa dipakai sebagai membersihkan peralatan rumah tangga.

5 Manfaat Garam :

  1. Membersihkan minyak dari Panci atau penggorengan
    Kalau anda memasak atau menggoreng, kadang sisa minyak susah di hilangkan, untuk itu silahkan pakai garam dengan menaburi permukaan panci dan  tambahkan air dan biarkan 10 menit. Larutan garam dan air ini akan merontokkan minyak sehingga lebih mudah dibersihkan.
    finroll_garam_pembersih3
  2. Dapat membersihkan sisa telur yang menempel
    Telur yang jatuh kelantai atau meja sangat susah dibersihkan,
    ada caranya yang bisa Anda lakukan dengan cara menaburi sisa telur tadi dengan garam, lalu tunggu 10-15 menit. Nantinya, garam akan membuat kuning dan putih telur menjadi seperti pasir gembur yang mudah dibilas.
  3. Membersihkan spon cuci piring
    Kotoran yang menempel di spon cuci piring bisa dibersihkan dengan caranya, isi wadah dengan dua gelas air dan seperempat cangkir garam. Rendam spons di dalamnya dan tinggalkan selama satu malam.
    finroll_garam_pembersih2
  4.  Membersihkan talenan kayu
    Anda hanya perlu air panas, garam dan air jeruk nipis. Kemudian, larutkan menjadi satu. Selanjutnya, usap talenan menggunakan handuk atau lap yang telah dicelupkan pada larutan tersebut.
  5. Menghilangkan Jamur atau bau apek
    Dengan cara pasta dari campuran garam dan jus lemon. Gosokkan pasta tersebut pada noda, kemudian keringkan di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, bersihkan pakaian menggunakan mesin cuci untuk mendapatkan hasil maksimal.

Saluran air yang tersumbat bekas busa sampo, sabun, dan rambut rontok bukan hanya menjijikan, namun lama kelamaan bisa menggenangi kamar mandi Anda jika tidak dibersihkan dengan baik. Solusinya, larutkan 1 cangkir garam dan 1 cangkir baking soda dalam 1/2 cangkir cuka, kemudian tuang larutan tersebut tepat di atas gumpalan sampah tersebut. Tunggu 10 menit, setelahnya siram dengan 2 liter air panas. Buka keran air sampai air bisa mengalir dengan bebas.

Sumber : kompas.com


BACAAN TERKAIT