Rabu, 30 Oktober 2019

5 Manfaat Zumba, Bikin Tubuh Ideal Secara Alami dan Cepat


Finroll.com,Jakarta – Zumba adalah satu di antara jenis senam yang berperan aktif dalam membakar kalori dan lemak. Olahraga ini merupakan senam kebugaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

Senam zumba memiliki gerakan yang senada dengan irama musik yang mengiringi, serta bisa dilakukan dalam durasi waktu tertentu, yakni 30-60 menit. Zumba dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung.

Berbeda dengan tarian atau dance, gerakan zumba selaras namun tidak harus terpaku pada musik yang mengiringinya. Tetapi gerakan zumba lebih lincah dan cepat.

Senam zumba termasuk dalam olahraga aerobik. Setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 10 menit secara teratur dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, bersepeda, dan senam zumba.

Saking aktifnya bergerak, senam zumba tentu memiliki segudang manfaat. Olahraga ini ampuh untuk menurunkan berat badan, membakar lemak dan kolestrol, menguatkan otot, tulang dan sendi, meningkatkan stamina, terhindar dari penyakit berbahaya, hingga menyehatkan kulit.

Namun sebelum mengetahun manfaat senam zumba, Anda perlu memerhatikan tips bagaimana melakukannya secara benar. Berikut ulasan selengkapnya.

Tips Melakukan Senam Zumba untuk Pemula

Kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringatPakai sepatu olahragaJangan mengonsumsi makanan berat sebelum senamMinum air 20 menit sebelum zumbaBerlatih rutinMelakukan pemanasan terlebih dahuluPakai handuk untun mengelap keringat

1. Manfaat Senam Zumba: Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Senam zumba terkenal efektif untuk menurunkan berat badan. Olahraga ini sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menjaga berat badan dan ingin memiliki badan ideal.

Apabila berat badan bertambah, akan membuat seseorang berisiko terkena obesitas. Oleh karena itu, olahraga ini termasuk efektif menurunkan berat badan karena menggerakkan seluruh tubuh dan dilakukan dalam durasi waktu yang lumayan panjang.

Latihan senam zumba secara rutin dan diimbangi dengan pola makan yang tepat dapat menurunkan berat badan secara lebih cepat.

Jababeka industrial Estate

2. Manfaat Senam Zumba: Menjaga Kesehatan Otot

Zumba dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh, sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot. Setelah itu, aliran darah dan suplai oksigen ke otot akan lebih lancar, sehingga membantu otot terhindar dari asam laktat.

Olahraga ini juga dapat melatih tulang dan sendi. Semakin bertambahnya usia, tulang dan sendi akan semakin rapuh. Padahal, otot, tulang, dan sendi merupakan penopang penting dalam kariernya. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan dan kekuatan otot dengan rutin latihan zumba.

3. Manfaat Senam Zumba: Meningkatkan Stamina

Banyak orang yang mengira zumba adalah olahraga yang melelahkan. Tetapi hal itu sangatlah keliru, karena senam zumba dapat meningkatkan stamina seseorang.

Senam zumba dapat meningkatkan stamina, membuat tubuh lebih bertenaga, dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas sehari-hari.

Senam yang satu ini juga akan meningkatkan imunitas tubuh. Jika sistem imun tubuh maksimal, maka akan membuat Anda tidak mudah terserang berbagai macam virus dan bakteri, sehingga Anda tidak mudah sakit.

4. Manfaat Senam Zumba: Menurunkan Stres dan Depresi

Senam zumba dapat mengatasi stres dan penat, karena pada saat latihan Anda akan diiringi lagu-lagu yang penuh semangat dengan tema upbeat. Jika Anda sedang dilanda stress, cobalah untuk mengikuti kelas zumba.

Dengan diiringi musik upbeat, tentu dapat membuat mood menjadi lebih baik dan lebih bersemangat. Selain untuk kesehatan, senam zumba dapat memberikan pengaruh positif bagi Anda yang kerap dilanda stress ataupun bad mood.

5. Manfaat Senam Zumba: Menjaga Kesehatan Jantung

Senam zumba mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kerja jantung, sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh pun lebih banyak. Selain itu, zumba dapat memperlancar peredaran darah sehingga kolesterol jahat tidak menumpuk dalam pembuluh darah.

Lancarnya peredaran darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Baik itu kolesterol maupun tekanan darah tinggi, keduanya perlu diwaspadai karena dapat memicu penyakit berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, senam zumba sangat dianjurkan.

BACAAN TERKAIT