Sabtu, 6 Maret 2021

Apakah Sering Marah Pertanda Anda Kena Darah Tinggi?


Sepertiga penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) di dunia masih belum menyadari bahwa tubuh mereka sedang digerogoti penyakit tersebut. Sebab, ciri-ciri darah tinggi jarang terlihat, bahkan ketika sudah dalam fase yang sangat berbahaya sekalipun.

Oleh karena ini, sebaiknya Anda senantiasa mewaspadai ciri-ciri darah tinggi. Sakit kepala parah, sering merasa lemah dan lelah, gangguan penglihatan, serta nyeri dada adalah beberapa di antaranya.

Beikut Ciri-Ciri Darah Tinggi yang Perlu Kamu Waspadai

Sakit kepala parah (Ciri darah tinggi)

Ciri-ciri darah tinggi yang pertama adalah sakit kepala parah. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa tekanan darah tinggi bisa menyebabkan sakit kepala parah?

Sebab, ciri-ciri darah tinggi ini terjadi karena otak merasakan tekanan dan dapat menyebabkan darah bocor dari otak. Kemudian, edema atau pembengkakan otak pun dapat terjadi.Pembengkakan ini menambah tekanan pada otak, sehingga sakit kepala parah pun terasa oleh penderita tekanan darah tinggi.

Merasa sering lelah dan lemah

Saat tekanan darah tinggi terjadi, jantung pun bekerja lebih ekstra dan membesar. Ketika jantung membesar, organ vital ini akan meminta lebih banyak oksigen. Tetapi, jantung akan kesulitan dalam mempertahankan aliran darah yang tepat.Hasilnya, penderita tekanan darah tinggi akan merasa lelah dan dan tidak bisa melakukan aktivitas fisik.

Masalah penglihatan

Ciri-ciri darah tinggi selanjutnya adalah masalah penglihatan. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di bagian belakang mata yang dikenal sebagai retina (tempat gambar difokuskan).

Kondisi ini dikenal sebagai retinopati hipertensi dan bisa semakin parah jika tekanan darah tinggi yang menyebabkannya tak diobati.

Kesulitan bernapas

Penderita tekanan darah tinggi juga bisa kesulitan bernapas, karena arteri yang membawa darah dari jantung ke paru-paru menyempit, sehingga darah sulit mengalir melalui pembuluh darah. Kondisi ini disebut sebagai hipertensi paru.

Detak jantung tidak normal

Detak jantung tidak normal adalah salah satu ciri-ciri tekanan darah tinggi selanjutnya. Lebih spesifiknya lagi, aritmia yang dimaksud adalah fibrilasi atrium. Jangan anggap remeh kondisi ini. Sebab, komplikasi seperti stroke, gagal jantung, hingga pembekuan darah bisa terjadi.

Lalu, apakah benar bahwa jika anda sering marah merupakan tanda anda terkena darah tinggi? Sebetulnya hal ini tidak menentukan bahwa anda terkena darah tinggi.

CIMB NIAGA

Memang orang yang mempunyai darah tinggi cenderung tidak bisa menahan amarah yang mungkin juga dikarenakan obat hipertensi atau faktor lainnya. namun, hal ini perlu diteliti lebih lanjut.

(Sumber: Sehatq.com)

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT