Jumat, 5 Maret 2021

Buah Matoa : Buah Dengan Rasa Unik dan Seribu Manfaat


Matoa adalah salah satu buah yang kurang dikenal. Tapi, siapa sangka jika buah yang berasal dari Papua ini punya manfaat besar untuk kesehatan. Buah yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata juga dikenal dengan sebutan Ton atau Taun di Papua Nugini.

Batang pohon matoa bisa mencapai 20 meter dan menghasilkan buah berbentuk lonjong. Pohon matoa hanya bisa berbuah di daerah tropis pada Juli hingga Oktober setiap tahunnya.

Buah ini bertekstur kenyal dan berwarna bening seperti rambutan, kelengkeng atau leci. Rasanya pun juga hampir sama dengan ketiga buah tersebut.

Berdasarkan hasil studi dalam jurnal Extraction of Fruit Peels of Pometia Pinnata and Its Antioxidant and Antimicrobalactivities, buah matoa mengandung nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Sedangkan nutrisi dalam buah matoa seperti vitamin C dan E, mineral, serta tanin sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut Adalah Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Matoa Sumber Antioksidan Yang Sangat Baik

Manfaat buah matoa yang pertama adalah kandungan antioksidannya yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C dan E akan memberikan antioksidan kuat yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas secara efektif, sehingga dapat mencegah risiko penyakit seperti kanker.

Buah Matoa Sebagai Penguat Kekebalan Tubuh

Manfaat buah matoa yang kedua yaitu sebagai penguat kekebalan tubuh. Banyak orang sudah mengetahui bahwa semua buah yang kaya vitamin C adalah penambah imunitas yang sangat baik, tidak terkecuali bagi buah matoa.

Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat bagi kamu yang memerlukan stamina dan daya tahan tubuh selama beraktivitas atau berolahraga. Buah matoa dapat dimanfaatkan sebagai penambah energi yang baik bagi tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah Matoa Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

Manfaat buah matoa yang ketiga yaitu berguna untuk melawan infeksi virus. Infeksi virus tidak akan berakibat fatal, namun jika dibiarkan dapat berkembang menjadi penyakit yang serius.

Hal terbaik untuk melawan infeksi virus ini adalah dengan memastikan sistem kekebalan dalam keadaan prima. Dengan mengonsumsi buah matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan, dapat memberikan perlindungan yang sempurna terhadap infeksi virus.

Senyawa tanin pada buah matoa juga bisa menekan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat enzim dan DNA yang penting bagi bakteri. Sehingga dapat bermanfaat mencegah pertumbuhan bakteri.

Jababeka industrial Estate

Buah Matoa Menyehatkan Jantung

Manfaat buah matoa yang keempat yaitu kandungannya yang baik bagi kesehatan jantung. Kandungan vitamin C dalam buah matoa dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Nutrisi ini juga bisa melancarkan peredaran darah yang berhubungan dengan jantung.

Mengacu pada hal tersebut, buah matoa akan menjaga kesehatan jantung guna menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit stroke. Vitamin E dan C dalam buah matoa juga mampu mencegah penyakit jantung koroner dan berperan mencegah degenerasi sel-sel dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Buah Matoa Mencegah Perkembangan Kanker

Manfaat buah matoa yang kelima yaitu sebagai pencegah kanker.
Kanker terjadi karena adanya zat radikal bebas di dalam tubuh. Untuk mengatasi perkembangan sel kanker, diperlukan antioksidan yang kuat. Karena kaya vitamin C dan vitamin E, buah matoa adalah sumber antioksidan yang sangat baik.

Zat tanin yang terdapat pada buah matoa juga merupakan antioksidan. Dengan kandungan yang kaya antioksidan inilah, buah matoa dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Buah Matoa Solusi Untuk Kulit Sehat

Manfaat buah matoa yang keenam adalah untuk kesehatan kulit. Buah matoa dipercaya mampu memperbaiki kulit dari paparan sinar ultra violet (UV) yang penyebab kerusakan kulit. Kandungan vitamin C dan E buah matoa dapat melembapkan kulit dan elastis.

Vitamin E sudah lama dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sementara vitamin C berkontribusi dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Antioksidan akan mendorong regenerasi sel kulit yang optimal untuk membuat kamu terlihat lebih muda.

Buah Matoa Mengatasi Jerawat

Manfaat buah matoa yang ketujuh adalah untuk mengatasi jerawat. Buah matoa memiliki senyawa bersifat antimikroba yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Kandungan buah matoa bisa membunuh bakteri akibat masalah kulit, termasuk jerawat.

Vitamin C dan E dalam buah matoa akan membuat kulit lebih bersih tanpa jerawat. Maka dari itu, kamu perlu rajin mengonsumsi buah yang satu ini untuk mengatasi masalah jerawat.

Buah Matoa Menyembuhkan Disentri

Manfaat buah matoa yang kedelapan yaitu sebagai obat disentri. Meskipun studi lebih lanjut terkait buah matoa dan penyakit disentri masih diperlukan, namun banyak masyarakat menggunakan buah matoa sebagai obat rumah untuk menyembuhkan penyakit ini.

Buah Matoa Sebagai Penghilang stres

Buah matoa adalah camilan sehat yang bisa kamu konsumsi. Kandungannya yang kaya akan vitamin E dapat membantu untuk menghilangkan stres.

Setiap kali kamu merasa tertekan atau stres, terkadang nafsu makan juga meningkat. Dengan mengonsumsi buah matoa sebagai cemilan tidak akan menyebabkan penambahan berat badan, tetapi justru akan menghilangkan stres secara efektif.

Sumber : Merdeka

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT