Jumat, 19 Februari 2021

Bunga Telang Berkhasiat dan Bisa Dijadikan Teh


Bunga telang atau bunga teleng, itulah nama tanaman yang memiliki nama latin Clitoria ternatea di daerah Pasundan dan Jawa. Bunganya yang seperti kupu-kupu menarik masyarakat umum memanfaatkannya sebagai tanaman hias. Namun sebenarnya tanaman ini juga bisa untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya sakit mata, bisul, sakit pencernaan, sampai anti stress.

Ria Cahyaningsih Peneliti Tumbuhan Obat Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI mengungkapkan, berdasarkan studi literatur, disebutkan Kembang telang ini mengandung senyawa kimia seperti  triterpenoid, glikosida flavonol, antosianin dan steroid.

Khasiat Bunga Telang

Masyarakat Sunda yang  banyak menggunakan tanaman ini untuk mengobati sakit mata. Selain itu, khasiat dari kembang ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah, bahkan sebagian masyarakat menggunakannya pada bayi.

Ternyata secara ilmiah terbukti ekstrak bunga telang bisa menghambat  pertumbuhan bakteri penyebab sakit mata (konjungtivitis), yaitu Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dan Bacillus substilis.Konjungtivitis adalah radang di sekitar selaput mata sehingga mata berwarna kemerahan, biasanya menyebabkan mata berair dan terasa gatal.

finroll bunga telang

Kembang telang yang terdapat di Kebun Raya Bogor memiliki bunga yang berwarna biru terang mirip kupu-kupu. Walau sebenarnya bunganya ada juga yang berwarna putih, atau putih kehijauan tapi memang jarang. Selain sebagai obat, kembang telang ini dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam keperluan seperti sebagai pewarna makanan, kue, maupun sebagai bahan dasar pembuatan minuman. Karena tanaman termasuk legum yang tumbuh tegak dan merambat padat, maka tanaman ini juga berpotensi sebagai penutup tanah yang baik.

finroll teh bungatelang

Teh Bunga Telang

Selain itu, bunga telang juga bisa dijadikan teh. Bunga telang saat diseduh akan memberikan warna biru alami yang cantik. Sering disebut sebagai teh biru, minuman ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Teh bunga telang memiliki efek menyingkirkan stres yang juga dapat membantu meredakan gejala cemas. Selain itu, juga mampu menyegarkan otak dan membantu kita tetap berenergi dan senang seharian.

Bunga telang mengandung antosianin yang mampu meningkatkan sirkulasi darah di kepala sehingga membantu menyehatkan rambut dan menguatkan folikel rambut dari dalam. Teh bunga telang juga dikenal memiliki efek mencegah penuaan dini karena tingginya antioksidan yang dikandungnya, sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan sehat.

(Sumber: sehatq.com)

BACAAN TERKAIT