Jumat, 5 Maret 2021

Daun Kale Sayuran Yang Super Sehat


Kale adalah salah satu jenis sayuran yang sering dijumpai pada sup, hingga pesto. Bahkan, kale juga menjadi penambah rasa dalam camilan seperti keripik. Sayur yang satu ini memang sedang hits, bentuknya yang curly menggemaskan ini merupakan anggota dari keluarga sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis dan bok choy yang sering kita jumpai sehari-hari. Jenis sayuran ini memang tidak terlalu populer dibandingkan sayur mayur lainnya yang banyak digunakan untuk salad.

Dari seluruh sayuran super sehat, Kale (Brassica oleracea acephala) adalah ratunya. Kale, jelas merupakan salah satu makanan nabati yang paling sehat dan paling bergizi yang ada. Kale merupakan jenis sayuran dengan daun berwarna hijau atau ungu kebiruan tergantung kultivar. Meski pun kale merupakan sayuran super sehat, kehadirannya di masyarakat Indonesia belum seumum sayuran lainnya.

Kale mengandung sangat sedikit lemak, tetapi sebagian besar lemak di dalamnya adalah asam lemak Omega-3 yang disebut asam alfa linolenat. Mengingat kandungan kalorinya yang sangat rendah, kale adalah salah satu makanan padat nutrisi yang ada. Makan lebih banyak kale adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kandungan nutrisi total dari makanan kamu.

Inilah Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatanmu

Daun Kale Kaya Nutrisi

Kale mengandung sangat sedikit lemak, tetapi sebagian besar lemak di dalamnya adalah asam lemak Omega-3 yang disebut asam alfa linolenat. Mengingat kandungan kalorinya yang sangat rendah, kale adalah salah satu makanan padat nutrisi yang ada. Makan lebih banyak kale adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kandungan nutrisi total dari makanan kamu.

Daun Kale Baik untuk Kesehatan Tulang

Kale memiliki kandungan vitamin K yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa banyaknya mengonsumsi kale dapat mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis.

Daun Kale Mencegah Peradangan

Sayur yang satu ini merupakan sumber antioksidan yang kuat sehingga dikenal dapat mengurangi peradangan, pemicu penuaan dini, dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit. Antioksidan pada kale bertugas untuk menangkal stres, yang terjadi karena ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang dapat merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya.

Daun Kale Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam suatu studi klinis, seorang pasien dengan kadar kolesterol tinggi mengonsumsi jus kale setiap hari dalam 12 minggu berturut-turut dan hasilnya dapat meningkatkan kolesterol HDL yang baik hampir 30% serta mampu menurunkan LDL kolesterol buruk sampai 10%. Maka sangat dianjurkan mengonsumsinya, karena selain menjaga kolesterol tetap stabil, juga membantu menangkal kerusakan pada dinding arteri yang amat rentan terhadap peradangan dan penumpukan plak yang dapat mengeras.

finroll daun kale1

Daun Kale Mengurangi Risiko Kanker

Kale memiliki kemampuan melindungi sel dari kerusakan dan mutasi DNA, termasuk menonaktifkan senyawa penyebab kanker, memperlambat pertumbuhan, penyebaran kanker bahkan dalat memicu kematian sel kanker.

Daun Kale Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi kale juga membuktikan dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Takarannya dalam satu cangkir kale memiliki nilai karotenoid lutein, zeanxanthin dan beta karoten yang dapat membantu melindungi jaringan mata dari sinar UV yang berbahaya dan melindungi retina serta lensa.

(Sumber: journal.sociolla.com)

Jababeka industrial Estate

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT