Jumat, 16 Juli 2021

Ini lho Tips Sehat dimasa Pandemi


Untuk menghindari dan memutus rantai penularan COVID-19,kita perlu menjaga kesehatan diri sendiri, Ini lho beberapa Tips agar Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19,yang harus diperhatikan…ayo cari tahu

1. Cuci Tangan dengan Sabun
Cara yang tepat untuk mencuci tangan adalah dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, gosok tangan hingga timbul busa sabun, bersihkan tangan dan jari sampai bagian bawah kuku, cuci setidaknya selama 15-20 detik. Ingat ya…Cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi dan toilet, setelah mengganti popok, setelah bermain dengan binatang, serta sebelum dan sesudah berada di sekitar orang yang sakit.karena tanpa kita sadari tangan selalu bersentuhan dengan area mata,hidung dan mulut.

2.Istirahat dan minum air putih yang cukup
Memiliki waktu istirahat yang cukup sangat penting,termasuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Ingat…jangan begadang karena beresiko buruk pada kesehatan Anda. Selain cukup istirahat, pastikan diri Anda selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup.Apalagi jika Anda berada dalam ruangan AC seharian.

3. Memakai Masker dan Hindari Orang Sakit
Upayakan selalu memakai Dobel Masker dalam setiap aktifitas. Jika mengetahui ada orang yang sakit, walaupun orang penting, atau teman, keluarga, maka jaga jarak yang aman,namun jika memang benar benar perlu maka pakai Dobel Masker dan gunakan protokol kesehatan. Dan jika harus berinteraksi dengan mereka, jangan berdiri terlalu dekat. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah berada disekitar orang yang sakit.Setiba dirumah biasakan segera ganti pakaian dan mandi.

4. Makan sehat dan konsumsi vitamin.
Banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi COVID-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. Atur menu makanan Anda dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang.
Makan tidak harus banyak asalkan memenuhi kaidah gizi seimbang :
– Setengah porsi piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna.
– Seperempat porsi piring makan diisi protein, baik hewani (telur/ayam/ikan/daging) maupun nabati (kacang-kacangan).
– Seperempat porsi piring makan diisi karbohidrat kompleks (beras/biji-bijian).
– Batasi konsumsi susu hingga 2 gelas per hari, jus sekitar satu gelas per hari, dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

5. Jaga Jarak dan Jauhi Kerumunan

CIMB NIAGA

Selalu menjaga jarak diatas 1,5 meter untuk upaya menghindari penularan. Virus COVID-19 menyebar lebih mudah di tempat-tempat dengan lalu lintas padat seperti sekolah, transportasi umum, kantor, dan tempat umum lainnya. Jika memungkinkan, hindari berlama lama tinggal di tempat-tempat seperti ini, tetap tinggal di rumah jika tidak terlalu penting.

6. Hati yang gembira adalah Obat
Berupaya agar tetap tenang dan berpikiran positif sangat penting untuk menghindari penyakit. Dengen pengendalian stress yang baik maka Kortisol yaitu hormon yang dilepaskan saat seseorang stres akan terkendali dan dapat membantu tubuh melawan peradangan dan penyakit. Berupayalah untuk tetap tenang melalui berbagai cara antara lain dengan meluangkan waktu untuk menekuni hobi. Upayakan untuk tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam, dan jika mulai merasa sakit, tambahlah waktu istirahat.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT