Sabtu, 27 Februari 2021

Kacamata Radiasi Dapat Melindungi Kerusakan Mata


Sehari tak memegang ponsel saja, hidup rasanya seperti hampa. Selama 24 jam sehari, baik itu sedang makan, bekerja, nongkrong dengan teman, bahkan tidur pun, pandangan tak bisa lepas dari layar gawai.

Belakangan, sempat beredar kabar bahwa cahaya pada ponsel bisa menyebabkan kerusakan pada mata karena efek radiasinya. Oleh sebab itu banyak kacamata anti radiasi yang dijual di pasarann. Tapi sebenarnya pakai kacamata anti radiasi ngefek nggak sih untuk melindungi mata?

Spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Elvioza SpM(K) menyebut sampai saat ini radiasi yang betul-betul terbukti merusak mata adalah radiasi dari matahari. melihat gerhana matahari tanpa pelindung, bisa dijamin matamu akan mengalami kerusakan.

Kalau dari gawai, sebenarnya radiasi yang dihasilkan tidak begitu tinggi. Untuk sampai menimbulkan kerusakan butuh waktu yang lama dan hingga kini belum ada penelitian yang menghitung seberapa jauh tingkat radiasi gadget yang bisa merusak mata.

“Satu alat memberikan manfaat atau tidak kan harus ada penelitian perspektif. Sampai saat ini belum ada buktinya (kacamata anti radiasi) memiliki manfaat atau tidak,” katanya saat dijumpai detikcom di daerah Jakarta Barat, Jumat (7/2/2020).

Disebutkan juga nih bahwa sebelum handpone atau alat elektronik dijual bebas di pasaran, barang tersebut akan diuji terlebih dahulu apakah aman untuk diperdagangkan atau tidak.

“Kalau tidak aman (ponsel-red) ya tidak akan dijual,” tuturnya.

Spesialis Mata mengatakan Kacamata Radiasi dapat melindungi mata

Sebenarnya ada cara mudah untuk melindungi mata menggunakan Kacamata Radiasi

Mata cukup diistirahatkan secara berkala. Istirahatkan mata setiap 20 menit selama 20 detik untuk melihat jarak pada objek kurang lebih 20 kaki atau sekitar 6 meter.

( Sumber : Detik.com )

Jenis-Jenis Radiasi yang Dapat Merusak Mata

Jababeka industrial Estate

Radiasi adalah gelombang energi atau partikel berkecepatan tinggi, yang dapat terjadi secara alami atau buatan. Berikut ini adalah jenis-jenis radiasi yang berbahaya bagi kesehatan mata:

Sinar ultraviolet

Radiasi sinar ultraviolet dari matahari merupakan salah satu penyebab utama mata mengalami kerusakan. Sinar ultraviolet terbagi menjadi tiga jenis, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Jenis radiasi sinar ultraviolet yang dapat menimbulkan efek negatif pada penglihatan adalah UVA dan UVB.

Mata yang terlalu sering terpapar kedua jenis radiasi sinar matahari ini bisa mengalami berbagai penyakit, seperti fotokeratitis (peradangan pada kornea mata akibat paparan sinar matahari berlebihan), pterygium, kanker,mata katarak, dan degenerasi makula.

Komputer dan gadget

Cahaya biru atau blue lights yang berasal dari layar komputer, laptop, ataupun gadget lainnya diduga bisa menyebabkan timbulnya gangguan pada mata. Terlalu lama berada di depan layar perangkat elektronik tersebut bisa membuat Anda jarang berkedip dan menyebabkan mata kering serta mata lelah.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa cahaya biru dari gadget lama kelamaan bisa menimbulkan kerusakan pada kornea, lensa, dan retina mata. Namun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Radiasi nuklir

Radiasi Nuklir banyak digunakan dalam dunia medis untuk mengobati dan mendiagnosis penyakit tertentu. Radiasi nuklir ini digunakan dalam pemerikaan Rontgen dan CT-scan, serta terapi radiasi untuk mengobati kanker.

Akan tetapi, paparan radiasi nuklir yang berlebihan atau terlalu sering bisa menimbulkan bahaya pada kesehatan, seperti kanker, gangguan tumbuh kembang pada anak, serta kerusakan jaringan dan sel-sel di tubuh, termasuk sel kulit dan mata.

( Sumber : alodokter.com )

BACAAN TERKAIT