Sabtu, 20 Februari 2021

Manfaat Balsamic Vinegar yang Jarang Diketahui!


Selain untuk menambah cita rasa makanan dalam dunia kuliner, manfaat balsamic vinegar atau Cuka Balsamik untuk kesehatan juga sangatlah beragam. Cuka berwarna cokelat tua dengan rasa yang tajam, khas, dan kompleks ini bahkan sering dikonsumsi sebagai suplemen di Eropa.

Balsamic vinegar umumnya berasal dari jus anggur putih yang telah dimasak dan difermentasi di dalam sebuah tong. Menariknya, proses fermentasi ini bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tak heran jika harga cuka yang satu ini terbilang cukup mahal daripada jenis cuka lainnya.

Manfaat Balsamic Vinegar untuk Kesehatan

finroll balsamic vinegar
Balsamic Vinegar

Dalam 1 sendok makan balsamic vinegar terkandung sekitar 5 kalori dan beragam nutrisi, seperti asam asetat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Balsamic vinegar juga mengandung macam-macam senyawa dengan aktivitas antioksidan dan antimikroba.

Dari kandungan tersebut, tersimpan banyak manfaat balsamic vinegar yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah di antaranya:

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Balsamic Vinegar atau cuka balsamik sudah lama digunakan sebagai obat pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan. Manfaat balsamic vinegar ini diduga berasal dari kandungan asam asetat yang melimpah di dalamnya.

Asam asetat yang ada pada balsamic vinegar dibentuk oleh fermentasi bakteri baik atau probiotik. Di dalam tubuh, bakteri ini mampu memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama usus. Terlebih lagi, efek antimikroba pada balsamic vinegar juga mampu menurunkan risiko infeksi bakteri Salmonella pada sistem pencernaan yang dapat menimbulkan demam tifoid (tipes).

Menurunkan berat badan

Ternya Balsamic Vinegar juga berguna untuk menurunkan berat badan lho! Kandungan probiotik dalam balsemic Vinegar dapat mengurangi nafsu makan berlebih dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Itulah sebabnya balsamic vinegar cocok untuk dikonsumsi jika Anda sedang menjalani program diet.

Selain itu, berbeda dengan penambah rasa lain seperti mentega atau mayones Balsamic Vinegar tergolong rendah lemak dan bebas kalori. Sehingga jika anda mengonsumsinya secara rutin tidak akan menambah berat badan anda secara signifikan.

Jababeka industrial Estate

Mengontrol kadar gula darah

Balsamic vinegar memiliki efek antidiabetes dan antiglikemik yang baik. Hal ini berarti balsamic vinegar dapat menurunkan penyerapan gula dari makanan lain. Menggunakan balsamic vinegar sebagai bumbu bisa membuat makanan menjadi lebih ramah bagi penderita diabetes.

Menurunkan tekanan darah

Balsamic vinegar juga memiliki efek antihipertensi. Manfaat balsamic vinegar ini didukung oleh beberapa penelitan yang membuktikan bahwa kandungan asam asetat di dalamnya dapat mengurangi aktivitas enzim renin dan aldosterone, yaitu enzim peningkat tekanan darah.

Dengan khasiat ini, balsamic vinegar dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, sekaligus menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan hipertensi, misalnya gagal jantung dan stroke.

Menyehatkan kulit

Balsamic vinegar juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat oles berkat kandungan asam asetat, serta senyawa antimikroba dan antioksidannya yang kuat. Selain itu, konsumsi balsamic vinegar secara rutin juga diduga bisa membuat kulit terlihat lebih bersih dan cerah.

Cara Memanfaatkan Balsamic Vinegar

Anda bisa menemukan balsamic vinegar di toko makanan tertentu, dan biasanya dikemas dalam botol kaca gelap. Cuka ini sebaiknya Anda simpan di tempat yang sejuk dan kering, serta jauhkan dari paparan panas atau cahaya matahari.

Manfaat balsamic vinegar bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Dicampur dengan madu, bawang putih, dan mustard untuk membuat saus pada olahan ayam
  • Dituangkan di atas anggur dan disajikan dengan es krim
  • Dicampur dengan salad sebagai dressing
  • Dicampur dengan mayones untuk membuat bumbu sandwich

Terlepas dari banyaknya manfaat Balsamic Vinegar, anda juga harus mengonsumsinya dengan memperhatikan takaran. Segera hentikan konsumsi balsamic vinegar jika Anda merasa mulas atau mengalami masalah lambung.

Terlebih lagi disarankan untuk konsul ke dokter terlebih dahulu apabila ingin mengonsumsi Balsamic Vinegar sebagai cara pengobatan tradisional anda, terlebih jika saat ini Anda juga sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

(Sumber : Alodokter.com)

BACAAN TERKAIT