Senin, 1 Maret 2021

Manfaat Bunga Chamomile untuk Kecantikan Kulitmu


Chamomile adalah tanaman bunga yang telah banyak digunakan  untuk mengobati sakit pada perut dan sebagai obat penenang ringan. Beberapa penelitian awalnya menggunakan kombinasi chamomile dengan tanaman lain, dan menunjukkan bahwa hal tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, seperti pada produk kombinasi lainnya, sulit untuk membuktikan jika manfaat itu datang hanya dari salah satu tanaman saja.

Produk yang berisi dengan chamomile (juga dikenal dengan sebutan kamomil) dan obat herbal lainnya telah terbukti dapat meringankan sakit perut, mulas, mual, dan muntah-muntah. Campuran lainnya dengan chamomile atau kamomil dapat meringankan sakit perut pada bayi.

Chamomile adalah salah satu bunga yang berguna untuk mengurangi luka pada mulut akibat kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chamomile dapat membantu gejala lainnya, seperti diare pada anak-anak, wasir, cemas, dan insomnia. Ketika digunakan pada kulit, chamomile dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan penyembuhan luka. Beberapa penelitian membuktikan jika chamomile juga efektif seperti krim hidrokortison untuk penderita eksim.

Tanaman ini tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 30 cm dari permukaan tanah, dengan batang yang berkerut dan bercabang, daun berwarna hijau pucat. Bunganya mirip dengan bunga Aster dengan kuntum berwarna putih dengan inti berwarna kuning.

Kelopak dan inti inilah yang kemudian akan dimanfaatkan sebagai obat herbal yang disajikan dalam bentuk teh, ekstrak, dan kapsul yang diyakini memiliki banyak khasiat herbal.

white chamomile chrysanthemum flowers closeup

Manfaat Bunga Chamomile untuk Kecantikan

Sebuah studi menunjukkan bahwa kompres dengan kamomil pada kulit memiliki efek yang hampir sama dengan salep hidrokortison satu persen, yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengurangi peradangan kulit.

Bunga Chamomile memiliki fungsi sebagai antimikroba antialergi

Bunga chamomile memiliki fungsi sebagai antimikroba antialergi, antiradang, antioksidan, dan analgesik (pereda nyeri) untuk penyakit radang kulit, terapi luka, ataupun terapi luka bakar. Chamazulene pada chamomile terbukti memicu aktivitas antiradang dan memiliki efek meningkatkan penyembuhan luka.

Selain itu, ada juga levomenol, zat pelembab dan antiradang alami yang telah terbukti bisa membantu mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit, mengurangi rasa gatal, dan memperbaiki tekstur serta elastisitas kulit. Apigenin diklaim memiliki beberapa sifat antioksidan, yang telah terbukti melalui uji kimia. Chamomile juga dapat mencegah jerawat yang diakibatkan oleh stres. Ini berkat efeknya untuk mengurangi kecemasan dan kandungan antioksidannya.

Bunga Chamomile untuk Kesehatan

Produk yang berisi dengan chamomile (juga dikenal dengan sebutan kamomil) dan obat herbal lainnya telah terbukti dapat meringankan sakit perut, mulas, mual, dan muntah-muntah. Campuran lainnya dengan chamomile atau kamomil dapat meringankan sakit perut pada bayi.

Chamomile adalah salah satu bunga yang berguna untuk mengurangi luka pada mulut akibat kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chamomile dapat membantu gejala lainnya, seperti diare pada anak-anak, wasir, cemas, dan insomnia.

CIMB NIAGA

Ketika digunakan pada kulit, chamomile dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan penyembuhan luka. Beberapa penelitian membuktikan jika chamomile juga efektif seperti krim hidrokortison untuk penderita eksim.

(Sumber: hellosehat.com)

BACAAN TERKAIT