Minggu, 21 Februari 2021

Panci Tepat, Masakan pun terasa sedap!


Anda mengenal dengan baik aneka jenis panci dan manfaatnya? Apakah dapur Anda dilengkapi dengan fasilitas panci lengkap yang biasa digunakan untuk memasak sesuai dengan fungsinya?

Kalian perlu mengetahui bahwa setiap panci memiliki kegunaannya masing-masing, lho. Bagi Anda yang baru memiliki satu jenis panci di dapur atau baru mengenal satu jenis panci saja, mungkin akan bingung dengan aneka panci yang masih asing di telinga.

Aneka Panci dan Manfaatnya

Sebagai koki di dapur rumah, Anda dituntut untuk bisa membuat makanan yang sempurna bagi keluarga. Peranan Anda sangat penting untuk urusan “pangan” bagi orang-orang yang Anda sayangi. Selain pengetahuan resep memasak yang dikuasai, Anda juga harus mengetahui ilmu memasak lainnya, yaitu dengan mengetahui fungsi-fungsi perkakas dapur.

Nah, untuk menambah wawasan, yuk, kenali lebih dalam lagi tentang perkakas dapur satu ini. Semakin banyak tahu, Anda akan menjadi koki hebat di dapur Anda.

Jenis-Jenis Panci dan Manfaatnya

Selain panci yang Anda miliki di dapur, ternyata masih banyak jenis panci lainnya. Perkakas dapur tersebut, bahkan diadaptasi dari negara-negara maju. Berikut adalah jenis-jenis panci dan manfaatnya:

Panci Presto

finroll pancipresto
Panci Presto


Panci presto memiliki bagian bawah yang datar dengan dinding yang cukup tinggi. Terdapat kedua pegangan di kedua sisinya. Panci ini berguna untuk membuat makanan lebih cepat matang tanpa mengurangi kandungan gizi yang terkandung. Panci ini juga tidak menimbulkan limbah minyak, bau, atau cipratan.Biasa digunakan untuk memasak daging atau ikan agar lebih cepat matang dan empuk, panci presto juga bisa melunakkan duri ikan sehingga bisa dimakan. Selain itu, panci ini mampu membunuh mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh. Penggunaan panci presto juga dinilai aman. Panci didesain dengan enam katup dan ventilasi sistem keselamatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Frying Pan

finroll fryingpan
Frying Pan


Bagian bawah panci berbentuk datar dengan gagang panjang. Memiliki dinding rendah yang memudahkan Anda untuk menumis. Selain untuk menumis, frying pan juga bisa digunakan untuk menggoreng. Panci ini memiliki diameter 8, 10, sampai 12 inci. Kelebihan frying pan adalah memiliki permukaan antilengket dan bisa digunakan untuk menggoreng dengan suhu tinggi.

Saute Pan

Jababeka industrial Estate
finroll sautepan
Saute Pan


Bagian bawah panci berbentuk datar dan lebar. Memiliki dinding sedikit tinggi, dilengkapi dengan gagang panjang sebagai pegangan di kedua sisinya. Saute pan cocok digunakan untuk menumis ataupun memasak yang membutuhkan banyak pengadukan. Ukuran panci ini mencapai 4L dengan permukaan antilengket. Panci ini akan menghasilkan masakan yang lebih baik.

Multipot

finroll multipot
Multipot


Panci satu ini memiliki bentuk pendek dan menyerupai panci sup. Namun terdapat lubang di sekitar panci yang digunakan untuk merebus atau mengukus. Kelebihan panci ini bisa sekaligus bisa untuk menyaring. Panci didesain dengan ukuran serbaguna, yaitu 6L, 8L, dan 12L.

Dutch Oven

finroll dutch oven
Dutch Oven


Dutch oven terlihat seperti pot dengan permukaan dinding sedikit tinggi. Memiliki pegangan terdapat di kedua sisi dan cukup berat dibanding panci-panci lainnya. Dutch oven digunakan untuk  memasak dengan santai dan merebus. Memiliki ukuran 5L dan 7L.

Grill Pan

finroll grillpan2
Grill Pan


Grill pan memiliki bentuk papan dengan permukaan bergigi. Hal ini berfungsi untuk memberikan hasil yang sama seperti memanggang dengan alat pemanggang. Grill pan digunakan untuk memasak dengan temperatur tinggi seperti memanggang atau membakar. Saat membeli, pilih grill pan wajan besi atau yang mengandung lapisan besi.

Casserole Pan

finroll casserolepan
Casserol Pan


Panci ini memiliki ukuran besar dengan cekungan cukup dalam, berbentuk persegi, persegi panjang, atau bulat. Panci Casserole digunakan sebagai alat masak yang juga bisa digunakan untuk menyajikan makanan di meja makan. Selain digunakan untuk memasak dalam oven, panci ini bisa digunakan di atas kompor. Memiliki kapasitas antara 2 L sampai 12 L.

(Sumber : dekoruma.com)

BACAAN TERKAIT