Kamis, 24 Juni 2021

Sudah Suntik Vitamin, Masih Perlukah Minum Suplemen?


Mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola makan seimbang dapat membantu melindungi diri terhadap penularan Covid-19 dengan meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh dan mengurangi derajat keparahan penyakit. Untuk itu, penting untuk memastikan kita mengonsumsi mikronutrien secara lengkap. Selain diminum, vitamin juga dapat diberikan melalui suntikan lewat pembuluh darah. Perawatan ini yang belakangan sering kita dengar dengan istilah suntik vitamin. Jika sudah melakukan suntik vitamin, apakah kita masih perlu minum suplemen? Dokter Konsultan Tropik Infeksi RSCM & Carolus, Dr Robert Sinto, SpPD-KPTI menjelaskan, tergantung pada vitamin yang disuntikkan dan komposisi vitamin yang diminum. Layanan Suntik Sehat dari Kalbe, misalnya, menyediakan tiga pilihan produk, yaitu suntik vitamin C (Prove C), suntik vitamin B (Kalmeco) dan suntik 12 multivitamin (Cernevit). Mikronutrien bekerja sama dengan masing-masing menjalani perannya dalam perlindungan.

Jika salah satu sumber vitamin tak tersuplai dengan baik, sumber vitamin lainnya tidak dapat mengisi kekurangan itu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga suplai vitamin dalam komposisi seimbang. “Misalnya, vitamin A menjaga infeksi, menjaga sel-sel agar tidak renggang, menjaga agar infeksi tidak mudah masuk, membantu elemen mineral lain bisa bekerja dengan baik.”

“Kalau mengonsumsi mineral banyak tapi tidak ada vitamin yang mem-boost mineral itu, maka jangan harap bisa bekerja dengan baik.” Demikian diungkapkan Robert dalam Zoom webinar bertajuk “Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Suntik Sehat”, Jumat (18/6/2021).

Selain itu, vitamin suntik memiliki masa durasi kerja sehingga vitamin minum mungkin masih diperlukan untuk memelihara kadarnya tetap tinggi. “Untuk maintenance kita perlu mengombinasikannya dengan vitamin minum.” “Jadi yang satu dapat meningkatkan (kadar vitamin) dengan lebih cepat, tapi setelah masa kerja selesai kita perlu maintain dengan tablet minum,” kata dia. Namun, Robert menekankan, selain menyuplai tubuh dengan vitamin demi meningkatkan daya tahan tubuh, penting pula untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan serta melakukan identifikasi dini ketika sakit sehingga kita bisa mendapatkan penanganan segera.

sumber ; Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT