Jumat, 19 Februari 2021

Tips agar Sepatu Tidak Cepat Rusak dan Bau Saat Musim Hujan


Tips agar Sepatu Tidak Cepat Rusak dan Bau Saat Musim Hujan – Sepatu menjadi salah satu fashion item yang pasti setiap orang miliki. Sepatu sendiri memiliki beragam model yang dapat dikenakan untuk ke berbagai acara.

Buat kamu yang tinggal Indonesia saat ini Tips agar Sepatu Tidak Cepat Rusak dan Bau Saat Musim Hujan perlu banget karena sedang berada pada musim hujan yang membuat sepatu menjadi terancam rusak, kotor, dan juga bau.

Untuk merawat sepatumu berikut Berikut Tips agar Sepatu Tidak Cepat Rusak dan Bau Saat Musim Hujan :

  1. Segera mencuci bagian dalam sepatu

Tips agar Sepatu Tidak Cepat Rusak dan Bau Saat Musim Hujan yang pertama adalah mencuci bagian dalam sepatu apabila sepatu kamu terkena air hujan. Begitu sampai di rumah Mama harus langsung melepaskan sol yang ada dalam sepatu apabila memang bisa dilepas.

Alternatif lain jika sol sepatu tidak bisa dilepas adalah dengan langsung mencuci bersih sepatu kemudian dikeringkan dengan cara di angin-angin atau di diamkan saja hingga mengering.

Jangan menggunakan pengering yang ada di mesin cuci karena itu akan merusak kualitas sepatu dan tentunya juga akan merusak mesin cuci.

  1. Membersihkan sisa kotoran ketika sepatu sudah mengering

Saat sepatu Mama sudah setengah kering, barulah Mama bisa mencuci bagian sepatu yang terkena noda kotor.

Gunakan sikat yang halus agar permukaan sepatu tidak mengalami kerusakan. Mama juga bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu halus untuk membersihkan bagian sepatu yang kotor.

Gosok dengan sikat yang kering untuk menghilangkan nodanya, hal ini dilakukan karena pada saat kondisi sepatu mengering, kotoran akan lebih mudah untuk di sikat dibandingkan dengan membasahi sikat.

Jangan lupakan bagian sol bawah dan juga atas sepatu karena bagian tersebut biasanya yang terdapat banyak kotoran.

  1. Menggunakan kertas tisu atau kertas koran

Cara selanjutnya adalah bungkus sepatu dengan kertas tisu atau kertas koran untuk menyerap kembali air di sepatu, berjaga-jaga jika memang sepatu belum benar-benar kering.

Jababeka industrial Estate

Selain sebagai pengering, membungkus sepatu dengan menggunakan kertas tisu atau kertas koran juga akan membantu menjaga bentuk sepatu dengan cara memasukkan beberapa kertas koran ke bagian dalam sepatu.

  1. Jangan dijemur di bawah matahari langsung

Ingin sepatu cepat kering? Jangan menjemur nya di bawah sinar matahari secara langsung ya, Ma. Terik matahari akan membuat serat yang ada pada sepatu mengkerut karena kondisi sepatu yang sedang basah dan lembab.

Selain membuat sepatu menjadi mengkerut, aroma yang ditimbulkan dari pas matahari pada sepatu akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Alternatif lain untuk mengeringkan sepatu adalah dengan menggunakan hair dryer atau menggunakan kipas angin.

  1. Tali sepatu juga harus dibersihkan

Jangan melupakan tali pada saat merawat sepatu ya, Ma. Lepas tali sepatu kemudian rendam ke dalam cairan pembersih hingga kotoran yang ada di dalamnya terangkat dengan sendirinya atau diamkan selama 30 menit.

Setelah itu gabungkan dengan cucian baju lainnya untuk membuat tali sepatu menjadi lebih bersih dan lebih mudah juga untuk di keringkan. Tali sepatu juga harus bersihkan agar membuat tampilan sepatu tetap terlihat bagus.

Nah, itulah cara yang bisa dilakukan untuk merawat sepatu di musim hujan seperti sekarang ini.

Sepatu yang dirawat dengan baik maka akan memiliki daya simpan yang jauh lebih lama. Jangan sampai melewatkan perawatan sepatu ya, Ma.

  1. Menggunakan baking soda

Taburkan baking soda pada sepatu lalu diamkan semalaman. Kemudian, bersihkan sisa baking soda yang ada di dalam sepatu. Cara ini terbukti dapat menghilangkan bau tak sedap pada sepatumu dengan cepat dan membuat sepatumu kembali segar.

7. Gunakan pembersih cat kuku

Untuk sneaker tampak lebih baru Jika kotor, sepatu sneaker mungkin akan sangat sulit dibersihkan. Coba gunakan pembersih cat kuku. Caranya, oleskan pembersih cat kuku pada bagian bawah alas karet sepatu sneakermu, gosok perlahan-lahan. Dengan begitu, sepatu sneakermu akan tampak seperti baru lagi.

  1. Memanfaatkan remahan roti

Sepatu berbahan suede Jika kamu memiliki sepatu berbahan suede, pasti akan sangat sulit sekali untuk membersihkannya, apalagi pada musim hujan seperti ini. Coba manfaatkan sisa remahan roti, gosok secara perlahan-lahan pada bagian sepatu yang kotor. Kotoran yang ada pada sepatu suede pun akan segera hilang.

  1. Manfaatkan teh kantong

Untuk mencegah bau Sering merasa kesal oleh bau tak sedap pada sepatu karena lembap terkena hujan? Gunakanlah teh kantong untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatumu. Caranya, cukup taruh teh kantong ke dalam sepatumu. Diamkan semalaman dan sepatumu akan kembali kering dan segar.

  1. Petroleum gel

Untuk sepatu kulitmu Akan sangat menyebalkan jika sepatu kulit tergores. Menggunakan petroleum gel, goresan yang ada pada sepatu kulit bisa hilang. Oleskan sedikit petroleum gel pada kapas lalu gosokkan perlahan pada sepatu kulitmu.

Nah, semoga Tips agar Sepatu Tidak Cepat Rusak dan Bau Saat Musim Hujan diatas bermanfaat guys !

BACAAN TERKAIT