Viral Koyo KB Alat Kontrasepsi

  • Bagikan
finroll viral koyo kb alat kontrasepsi
finroll viral koyo kb alat kontrasepsi

Viral Koyo KB alat kontrasepsi – Viral alat kontrasepsi seperti koyo di media sosial. Alat kontrasepsi baru keluarga berencana (KB) dengan metode ditempel ini diharapkan bisa menjadi jalan keluar pembatasan jumlah anak dalam keluarga.  Koyo KB ini memang tengah menjadi pembahasan banyak orang di internet, setelah adanya unggahan video TikTok mengenai alat kontrasepsi tersebut viral di media sosial TikTok. Dalam video tersebut ditunjukkan bagaimana cara penggunaan koyo KB sebagai alat kontrasepsi yang ditempelkan pada kulit penggunanya.

“Koyo KB itu kandungannya sama dengan pil KB kombinasi, yaitu estrogen dan progesterone,” ujar akun TikTok yang meng-upload informasi mengenai Koyo KB, dilansir Rabu (17/11/2021). Dalam unggahannya, dia juga menjelaskan tempat di mana koyo KB sebagai alat kontrasepsi bisa ditempel. Yakni pada bagian lengan bagian atas, punggung, perut atau pantat.

Merupakan hal yang baru alat KB ditempel seperti koyo. Tak heran postingan koyo KB sebagai alat kontrasepsi tersebut berhasil disaksikan lebih dari 1,7 juta kali.

Menanggapi postingan itu, Guru Besar Farmasi UGM, Prof. Zullies Ikawati menjelaskan bahwa sama dengan suntik atau piL KB, koyo KB juga digunakan sebagai alat kontrasepsi. Termasuk juga kandungan bahan-bahan di dalamnya, seperti hormone estrogen dan progestin. Perbedaannya hanya ada pada cara pemakaiannya. Karena memiliki kandungan yang sama, maka keamanan dan efektivitasnya koyo KB sama dengan alat kontrasepsi lainnya. Dengan catatan, penggunaan koyo KB sebagai alat kontrasepsi sesuai dengan aturannya. Selama pemakaian koyo KB tepat dan melekat dengan kuat maka hormon akan dilepaskan pelan-pelan dan masuk melalui kulit serta bisa memberikan efek kontrasepsi.

Dalam istilah farmasi, koyo disebut dengan patch yakni bentuk sediaan transdermal di mana obat akan masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang nantinya akan masuk ke pembuluh darah. Meski demikian, sebelum melakukan pemilihan jenis alat kontrasepsi haruslah berkonsultasi dengan dokter ahli. Hal ini karena harus disesuaikan dengan kondisi pengguna atau akseptor KB. Meskipun koyo KB memiliki bentuk seperti obat luar yang hanya ditempelkan, namun bisa bersifat sistemik karena obat akan masuk ke pembuluh darah dan akan beredar ke seluruh tubuh. Jadi, pastikan sebelum memilih alat kontrasepsi baik pil KB, suntik maupun koyo KB, konsultasi dahulu dengan dokter.


Sumber : www.inews.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->