Selasa, 9 Maret 2021

Yuk Intip Keunggulan Buah Plum Bagi Kesehatanmu


Buah plum adalah buah dari subgenus Prunus. Buah ini banyak dijadikan sebagai konsumsi makanan sehat seperti plum kering. Saat buah sudah matang, maka buah akan dilapisi dengan lapisan putih berlilin.

Dengan lingkungan tempat tumbuh yang tepat, buah ini bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan banyak buah. Untuk budidaya supaya rimbun, biasanya pohon akan dipangkas pada ketinggian 5 hingga 6 meter. Jika tanpa pemangkasan, pohon bisa mencapai ketinggian 12 meter dan panjang 10 meter.

Plum sendiri adalah buah dari pohon plum yang termasuk keluarga Rosaceae. Pada genus Prunus terdiri dari sekitar 200 spesies. Banyak yang ditanam dan dijadikan sebagai bahan makanan. Selain sebagai komoditi menjanjikan, bisa pula menjadi tanaman kebun dan perindang halaman rumah. Buah plum biasanya berukuran sedang, dengan diameter antara 2 s/d 7 sentimeter. Bentuknya adalah bundar hingga oval. Dagingnya sedikit asam dan berair. Sedangkan kulit buahnya lembut, dengan disertai lilin alami pada permukaannya yang melekat pada daging buah.

 Umumnya, buah ini memiliki variasi rasa yang manis hingga asam. Buah ini juga berair sehingga bisa dijadikan sebagai minuman. Banyak pula yang menyukai rasa buah saat masih segar dengan sensasi rasa yang enak. Pengolahan buah ini bisa beragam. Tidak hanya dapat dimakan langsung dan dibuat minuman, buah ini juga bisa dijadikan makanan olahan. Contohnya adalah plum kering yang menjadi camilan. Karena itulah, budidaya pohon ini selalu menguntungkan dengan berbagai keunggulan produk yang berdaya jual tinggi.

finroll buahplum

Keunggulan Buah Plum Bagi Kesehatan

Tanaman ini dari keluarga Rosaceae, hampir memiliki sifat yang sama dengan buah persik, aprikot, dan nektarin. Dengan berbagai kandungan di dalamnya, buah ini menawarkan banyak sekali manfaat dan kegunaan. Berikut ini adalah beberapa contohnya :

Buah Plum dapat Menjaga Sistem Pencernaan yang Sehat

Manfaat buah plum yang paling dikenal adalah kemampuannya untuk mencegah sembelit. Serat buah plum menekan massa tinja dan mempercepat proses keluarnya cairan. Dengan demikian, maka akan bisa membantu mengurangi risiko kanker usus dan wasir.

Buah Plum Membantu Menurunkan Kolesterol

Asam propionat yang diproduksi oleh serat plum adalah jenis serat yang tidak larut. Jenis kandungan ini memiliki sifat untuk menurunkan kolesterol. Asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan menghilangkannya dari tubuh melalui tinja.

Buah Plum Mengandung Antioksidan Tinggi

Plum mengandung fitonutrien unik yang disebut asam klorida dan hidroklorida. Kedua zat tersebut diklasifikasikan sebagai fenol. Fenol adalah jenis antioksidan yang telah terbukti menetralkan radikal bebas berbahaya.

Fenol juga bisa membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel-sel otak dan molekul seperti kolesterol, sebagian besar terdiri dari lemak. Karenanya, penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi buah plum.

Buah Plum Menjaga Kesehatan Jantung

Pohon plum adalah sumber potasium yang baik. Sekaligus juga sebagai elektrolit yang membantu berbagai fungsi vital dalam tubuh. Mineral ini membantu menjaga irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung dan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko stroke. Karena tubuh tidak memproduksi kalium secara alami, konsumsi buah plum atau jusnya dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium.

CIMB NIAGA

Buah Plum Mencegah Anemia

Nafas pendek, kulit pucat, dan kelelahan adalah tanda-tanda anemia ringan. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk menghasilkan sel darah merah, tubuh maka dibutuhkan asupan zat besi yang cukup.

(Sumber: tanamanmart.com)

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT