Jumat, 19 Februari 2021

Yuk Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Minyak Alpukat


Selain dapat dijadikan sebagai minyak untuk menggoreng masakan, minyak alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Tidak heran banyak produk skincare yang menggunakannya sebagai salah satu bahan utama. Minyak alpukat mengandung banyak zat penting untuk kulit, sebut saja asam lemak omega-3, vitamin A, D, dan E. Dengan berbagai nutrisi ini, minyak alpukat bisa memberikan segudang manfaat untuk kulit.

Berikut manfaat minyak alpukat bagi kulit :

1. Minyak alpukat melembapkan kulit

Selain vitamin E, minyak alpukat juga mengandung kalium, lesitin, dan berbagai nutrisi yang bisa melembapkan kulit. Sebab, lapisan terluar kulit, epidermis, dapat dengan mudah menyerap berbagai nutrisi yang dikandung minyak alpukat. Selain melembapkan kulit, minyak alpukat juga bisa membantu pembentukan sel kulit baru.

2. Minyak alpukat meredakan dari peradangan psoriasis dan eksim

Psoriasis dan eksim adalah penyakit kulit yang sangat merugikan kesehatan fisik dan penampilan. Namun tenang saja, dengan minyak alpukat, peradangan yang diakibatkan kedua penyakit kulit itu bisa dibasmi.Kandungan antioksidan dalam minyak alpukat dipercaya mampu menyembuhkan kulit kering dan teriritasi. Gejala-gejala ini sangat sering ditemui pada penderita eksim dan psoriasis. Sebelum mengoleskannya, tuangkanlah sedikit minyak alpukat terlebih dahulu ke kulit Anda. Hal ini dilakukan guna melihat apakah ada reaksi alergi.

3. Minyak alpukat mencegah dan mengatasi jerawat

Jika digunakan dengan benar, minyak alpukat mampu mencegah dan mengatasi jerawat. Tidak percaya? Coba oleskan minyak alpukat ke wajah dan bilas dengan air bersih. Sifat minyak alpukat yang mampu melembapkan kulit akan mengurangi minyak pada wajah Anda. Di saat minyak pada wajah berkurang, maka jerawat pun ogah datang. Minyak alpukat juga memiliki zat anti-inflamasi yang bisa meredakan kemerahan dan peradangan yang sering ditemui pada jerawat.

4. Minyak alpukat mempercepat penyembuhan luka pada kulit

Minyak alpukatDalam sebuah studi, asam lemak esensial dan asam oleat yang ditemui dalam minyak alpukat, mampu meningkatkan proses sintesis kolagen (terciptanya jaringan kulit baru).Tidak hanya itu, saat kulit sedang menjalani proses penyembuhan luka, minyak alpukat membantu melawan peradangannya. Namun, studi pada manusia masih diperlukan untuk membuktikan manfaat minyak alpukat ini.

5. Minyak alpukat menyembuhkan luka bakar akibat sengatan matahari

Manfaat minyak alpukat selanjutnya datang dari kandungan vitamin E, vitamin D, beta karoten, protein, dan lesitinnya yang bisa menyembuhkan luka bakar akibat teriknya sinar matahari. Tidak hanya minyaknya, mengonsumsi alpukat dalam bentuk buahnya pun terbukti bisa menjaga kulit dari sinar radiasi ultraviolet.

6. Minyak alpukat mengurangi tanda penuaan

Alpukat juga berpotensi dalam mengurangi tanda penuaan yang muncul di kulit. Sebab, lemak baik yang dikandung minyak alpukat terbukti bisa menjaga kekenyalannya. Namun, para peneliti masih belum yakin terhadap efektivitas penggunaan minyak alpukat pada kulit, dalam menimbulkan efek yang sama.

7. Minyak alpukat menjaga kesehatan kuku

Bagi beberapa orang, penampilan kuku sangatlah penting. Jika Anda salah satunya, mengoleskan minyak alpukat di kulit dekat kuku sungguh patut dicoba. Namun, belum ada penelitian berskala besar yang mampu membuktikan manfaat minyak alpukat ini.

8. Minyak alpukat meningkatkan kesehatan kulit kepala

Kulit kepala menjadi salah satu “sasaran empuk” dari berbagai penyakit kulit seperti psoriasis. Untungnya, minyak alpukat dapat mencegahnya. Selain itu, mengoleskan minyak alpukat ke kulit kepala dipercaya mampu mengusir ketombe dan masalah lain akibat kulit kering.

Sumber : SehatQ

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT