Selasa, 24 Agustus 2021

5 Cara Membuat Bolu Gulung Motif Batik agar Tampilannya Cantik


Di toko roti, ada banyak jenis bolu yang ditawarkan. Salah satunya bolu gulung. Selain isi dan olesan, bolu gulung juga bisa dikreasikan dengan cara membuat motif di permukaan gulungan bolu. Tentu saja, hal ini bisa membuat tampilan bolu gulung semakin cantik dan menarik. Salah satu motif bolu gulung yang biasa dibuat adalah motif batik

Melansir dari buku “Bolu Gulung Batik Kukus & Panggang” (2015) oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut tips membuat bolu bermotif batik.

  1. Siapkan loyang Tips

membuat bolu gulung bermotif batik yang pertama adalah siapkan loyang. Kamu bisa menggunakan loyang dengan berbagai ukuran. Dalam buku yang juga memuat resep bolu gulung batik ini menggunakan ukuran loyang 24x24x4 cm. Kamu juga bisa menggunakan ukuran loyang yang lebih besar agar bolu mudah digulung. Olesi loyang dengan margarin.

  1. Siapkan baking paper Selain loyang, kamu juga perlu menyiapkan baking paper. Gunting baking paper dengan ukuran yang sesuai dengan loyang yang akan kamu gunakan.
  2. Bentuk motif batik di atas kertas roti

Kamu bisa membentuk motif batik sesuai yang diinginkan di atas kertas roti. Kamu bisa menggunakan teknik menjiplak pola batik yang diinginkan. Seperti motif batik mega mendung, kawung, atau parang rusuk.

  1. Kukus adonan bolu sebanyak dua kali

Cara membuat bolu gulung kukus bermotif batik yang selanjutnya adalah lakukan dua kali pengukusan.

emprotkan adonan di atas outline motif. Kukus selama lima menit atau hingga matang. Setelah itu, tuang adonan dasar bolu selama 10 menit atau hingga matang. Cara ini perlu dilakukan agar motif pada bolu menjadi rapi dan cantik.

  1. Simpan dalam lemari es Kalau kamu ingin membuat bolu kukus panggang bermotif bisa dengan menggunakan cara ini agar motifnya rapi. Alasi loyang denagn baking paper. Buat gradasi motif dengan adonan warna putih dari bahan telur, tepung maizena, tepung terigu, gula, susu cair, dan esens vanilla.

Kemudian isi sesuai denagn warna yang diinginkan untuk motif batik. Simpan ke dalam lemari es selama 10 menit.

Setelah itu tuang adonan dasar bolu dan panggang selama 10 menit atau hingga matang.

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT