Rabu, 7 Juli 2021

7 Makanan yang Mengandung Vitamin B


Berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin B sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk benteng pertahanan imun. Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin B. Mengutip Web MD, vitamin B memainkan peranan penting dalam tubuh. Salah satunya adalah membantu enzim (yang memecah makanan dan minuman) untuk melepaskan energi dari protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga untuk memecah asam amino dan melepaskan oksigen serta energi ke seluruh tubuh. Selain itu vitamin B juga berfungsi untuk membantu sel tubuh berkembang dan regenerasi. Beberapa jenis vitamin B juga membantu tubuh memproduksi hemoglobin yang penting untuk sel darah merah.

Vitamin B, khususnya B6 atau pyridoxine akan membantu reaksi biokimia tubuh untuk meningkatkan imun tubuh. Mengutip Healthline, Ada delapan vitamin B – secara kolektif disebut vitamin B kompleks. Mereka adalah tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), folat (B9) dan cobalamin (B12). Meskipun masing-masing vitamin ini memiliki fungsi unik, mereka umumnya membantu tubuh Anda menghasilkan energi dan membuat molekul penting dalam sel Anda. Berikut makanan yang mengandung vitamin B

  1. Salmon

Ikan bergizi serba bisa ini kaya akan beberapa vitamin B. Satu porsi salmon matang 3,5 ons (100 gram) mengandung (3): Tiamin (B1): 18 persen dari Referensi Asupan Harian (RDI) per porsi Riboflavin (B2): 29 persen dari RDI Niasin (B3): 50 persen dari RDI Asam pantotenat (B5): 19 persen dari RDI Pyridoxine (B6): 47 persen dari RDI Cobalamin (B12): 51 persen dari RDI

  1. Sayuran hijau

Beberapa sayuran hijau menonjol karena kandungan folat (B9) mereka. Ini adalah salah satu sumber folat nabati tertinggi. Dan sayuran hijau termasuk makanan yang mengandung vitamin B. Bayam yang dimasak: 31 persen dari RDI dalam 1/2 cangkir (85 gram).

  1. Hati

    Meskipun tidak terlalu populer, hati – memiliki kandungan vitamin B. Ini benar apakah itu dari daging sapi atau ayam. Hati hewan merupakan sumber thiamin (vitamin B1) dan folat yang sangat baik. Makan hati juga bisa memberikan vitamin A, riboflavin, tembaga, zat besi, dan kolin.
  2. Telur

Satu telur besar mengandung 33 persen RDI untuk biotin yang didistribusikan antara kuning telur dan putihnya. Faktanya, telur adalah salah satu sumber biotin teratas. Telur adalah sumber vitamin B yang baik, terutama asam pantotenat (B5) dan Cyanocobalamin (B12).

  1. Susu

Penelitian menunjukkan bahwa susu dan produk susu lainnya umumnya merupakan sumber utama riboflavin, diikuti oleh daging dan biji-bijian

  1. Jeruk

Buah jeruk – seperti jeruk, clementine, dan lemon mengandung enam dari delapan jenis vitamin B.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan makanan yang mengandung vitamin B. Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral. Hanya 1 cangkir alpukat (150 gram) mengandung 30% kebutuhan folat harian Anda dan 23 persen vitamin B6.

Sumber : Cnnindonesia.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT