简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

7 Oleh-oleh Serba Makanan Khas Pangkal Pinang, Ada Ampiang

  • Share
7 oleh oleh serba makanan khas pangkal pinang, ada ampiang
7 oleh oleh serba makanan khas pangkal pinang, ada ampiang

Setelah puas berkeliling saat berwisata di suatu daerah, memburu oleh-oleh khas daerah yang didatangi bisa menjadi agenda selanjutnya. Pangkal Pinang di Kepulauan Bangka Belitung pun memiliki banyak macam kuliner khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh

7 oleh-oleh serba makanan dari Pangkal Pinang

  1. Asinan kelubi

Kelubi adalah salah satu tanaman khas dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tanaman ini memiliki buah yang memiliki bentuk seperti buah salak namum berukuran lebih kecil. Buah kelubi memiliki rasa yang asam dan sedikit sepat. Maka dari itu, masyarakat daerah Bangka Belitung sering mengolah buah ini menjadi asinan atau manisan. Asinan kelubi bisa ditemukan diberbagai pusat oleh-oleh khas di area sekitar Pangkal Pinang.

  1. Sirup jeruk kunci

Jeruk kunci merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki ukuran sebesar bola pingpong. Jeruk ini sering diolah menjadi sirup segar khas Pangkal Pinang.

Untuk menyajikan sirup ini, kamu hanya perlu mencampurkannya dengan air hangat atau air dingin. Sirup jeruk kunci memiliki rasa manis dan sedikit asam segar.

  1. Kue rintak

Camilan ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Pangkal Pinang selanjutnya. Kue rintak memiliki rasa yang manis dan gurih. Terbuat dari sagu, kue rintak memiliki tekstur yang renyah. Kue ini cocok jika disantap dengan segelas kopi atau teh panas.
Kamu bisa membeli kue rintak diberbagai pusat oleh-oleh seperti Bangka Tradisional Snack yang berada di Jalan Ahmad Yani nomor 59, Batin Tikal, Taman Sari, Pangkal Pinang, Bangka Belitung salah satunya.

  1. Kemplang

    7 oleh oleh serba makanan khas pangkal pinang, ada ampiang 2
    Kerupuk kemplang khas Pangkal Pinang ini cocok menjadi oleh-oleh khas untuk keluarga dan teman dikampung halaman.
    Kerupuk ini memiliki beberapa jenis proses pembuatan. Yaitu dibakar, digoreng dengan minyak, bahkan digoreng dengan pasir. Pada umumnya, kempang dinikmati dengan sambal terasi khas Bangka yang sudah disediakan didalam kemasan kemplang.
  2. Bong Li Piang

    Kue khas Pangkal Pinang yang satu ini merupakan perpaduan dari budaya lokal dengan budaya Tionghoa. Bong li piang adalah kue manis dengan isian selai nanas. Kue ini memiliki rasa yang manis, gurih dan asam. Sekilas, bong li piang terlihat seperti bakpia. Namun kue ini memiliki warna lebih coklat. Kamu bisa membeli bong li piang di salah satu pusat oleh-oleh khas Pangkal Pinang, yaitu Toko LCK yang berada di Jalan Jendral Sudirman nomor 30, Gedung Nasional, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
  3. Terasi Toboali

Oleh-oleh satu ini cocok untuk teman dan keluarga yang gemar membuat sambal. Terasi tobali khas Pangkal Pinang biasanya dipakai untuk membuat sambal.

Terbuat dari 100 persen udang rebon, terasi ini memiliki cita rasa yang khas. Kemasannya yang mudah dibawa pun membuatnya pas dijadikan oleh-oleh. Namun, kamu harus berhati-hati saat membeli terasi tobali. Karena beberapa produsen terasi tobali yang palsu menggunakan udang rebon yang sudah tidak segar dan tambahan pewarna makanan

  1. Ampiang

Ampiang merupakan salah satu variasi dari camilan otak-otak. Jika otak-otak dibuat dengan cara dibakar, ampiang dibuat dengan cara digoreng.

Bahan dasar dari ampiang adalah kulit ikan tenggiri yang dicampur tepung tapioka atau kanji dan bumbu-bumbu. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah dan garing. Kamu bisa menikmati ampiang dengan cocolan cuka khas Bangka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : Kompas.com

  • Share

Leave a Reply

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->