Senin, 4 Januari 2021

Cara Memilih Brokoli Segar dan Bebas Ulat


Cara Memilih Brokoli Segar dan Bebas Ulat – Brokoli yang mempunyai nama latin Brassica oleracea adalah jenis sayuran anggota dari keluarga kubis. Brokoli mempunyai beberapa varietas, yang paling umum adalah brokoli Calabrese, dengan kepala berbunga besar dan tangkai yang kokoh dan kasar. Brokoli calabrese inilah jenis yang paling umum kita ketahui. Ada pula varietas brokoli dengan warna ungu, namun di Indonesia jarang ditemui.
Baca juga : Itinerary Di Batu Love Garden

Melansir All Recipes, brokoli merupakan tanaman cuaca dingin. Brokoli di Indonesia, banyak ditanam di daerah dataran tinggi seperti Bukittingi (Sumatera Barat), Lembang (Jawa Barat), dan Brastagi (Sumatera Utara). Tanaman brokoli di Indonesia banyak ditanam saat awal musim hujan atau awal musim kemarau, melansir dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura .

Namun demikian, brokoli tetap bisa ditanam sepanjang tahun dengan pemeliharaan yang intensif. Saat masa panen brokoli, di pasaran tentu akan banyak dijual sayuran hijau satu ini. Melihat banyaknya sayuran brokoli membuat kita ingin membelinya.

Nah, biar tidak salah pilih brokoli, sebaiknya ketahui dulu cara pilih brokoli segar dan berkualitas bagus. Jadi kamu akan mendapatkan manfaat dari brokoli dengan maksimal. Berikut ini cara pilih brokoli segar dirangkum dari The Spruce Eats.

1. Pilih atasan atau kepala brokoli dengan kuntum berwarna hijau tua tanpa noda dan batang keras, kokoh tanpa ada beberapa titik lunak.
2. Kuntum harus terikat rapat, tidak ada bagian yang menguning dan tidak ada bintik-bintik bertunas atau lembek. Kuntum atau kepala brokoli juga harus terlihat segar, lembab tidak menguning.
3. Batangnya harus terasa kokoh dan segar, tidak layu.
4. Periksa juga ujung potongan batangnya, pilih yang segar terlihat lembab atau tidak kering. Hindari memilih brokoli dengan ujung batang yang mengering atau berwarna coklat.
5. Berat brokoli terasa sesuai dengan ukurannya.

Cara simpan brokoli
Setelah memilih brokoli yang segar dan berkualitas segera simpan brokoli yang belum dicuci dalam kantong plastik terbuka di lemari es. Brokoli juga akan tetap segar hingga dua minggu jika disimpan tanpa dicuci, dalam keadaan kering dan dibungkus dalam plastik.

Jika dibeli dalam keadaan sangat segar seperti langsung dari pasar petani, brokoli akan bertahan hingga 10 hari. Meski demikan, jangan terlalu lama menyimpan brokoli karena semakin lama disimpan nilai gizi brokoli akan semakin menurun. Jadi lebih baik untuk segera mengkonsumsinya.

Sumber : Kompas.com

BACAAN TERKAIT