Miliki Rasa yang Unik dan Spesial, Yuk Cicipi Rujak khas Gorontalo

  • Bagikan
miliki rasa yang unik dan spesial, yuk cicipi rujak khas gorontalo
miliki rasa yang unik dan spesial, yuk cicipi rujak khas gorontalo

Salah satu kuliner Indonesia yang memiliki rasa yang menarik adalah rujak. Hampir di masing-masing tempat di Nusantara mempunyai rujak khasnya tersendiri, salah satunya rujak ikan khas Gorontalo, Sulawesi Utara.

Rujak ikan Gorontalo ini memiliki rasa yang cukup unik dan spesial. Pasalnya, terdapat ikan tuna sebagai toping tambahannya, sehingga rasanya berbeda dengan kebanyakan rujak lainnya.

Bahan-bahan rujak ikan ini terbilang sederhana, yakni mangga muda dan pepaya muda yang diparut membentuk arsiran tipis. Kemudian minyak kelapa murni, ketumbar, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil dan yang spesial adalah smoked tuna (tuna diasapi).

Menariknya lagi, agar rujak ikan ini lebih segar diberi tambahan perasan jeruk kunci, dan potongan cabai merah supaya sensasi pedasnya terasa.

Tak lupa juga disajikan dengan kerupuk yang terbuat dari beras, serta disajikan di alas daun pisang, sehingga aromanya lebih terasa dan kuat.

Tim MNC Portal Indonesia pun berkesempatan mencicipi rujak ikan ini. Rasanya segar, perpaduan antara buah-buahan muda dan makanan laut, serta rasa kelapa mudanya juga cukup kuat, memberikan sensasi tersendiri.

Kemudian untuk teksturnya, rujak ikan ini sangat mudah dikunyah dan terasa ringan saat di mulut, karena terbuat dari bahan-bahan yang segar khas Gorontalo.

Head Chef Kaum Resto, Rachmad Hidayat mengatakan, sebagian besar masakan khas Gorontalo menggunakan ikan, karena wilayahnya dekat dengan laut.

Sumber : Sindonews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->