Sering Dijadikan Menu Sarapan, Apakah Nasi Uduk Mengandung Kolesterol?

  • Bagikan
sering dijadikan menu sarapan, apakah nasi uduk mengandung kolesterol
sering dijadikan menu sarapan, apakah nasi uduk mengandung kolesterol

Nasi uduk menjadi salah satu menu makanan yang populer di Tanah Air. Biasanya, nasi uduk dijadikan menu sarapan dan disajikan dengan ragam lauk-pauk seperti telur, tempe orek, bihun goreng, kerupuk, sambal, hingga bakwan.

Sering dijadikan menu sarapan, apakah nasi uduk mengandung kolesterol ? Pertanyaan semacam ini tentu menjadi concern bagi Anda yang menyukai nasi uduk maupun mempunyai kolesterol tinggi.

Sebagai informasi, kadar kolesterol normal adalah yang kurang dari 200 mg/dl. Jika sudah berada di kisaran antara 200-239 mg/dl, itu sudah masuk ke dalam batas tinggi kolesterol. Kemudian jika di atas 240 mg/dl itu masuk ke dalam kadar kolesterol tinggi.

Lantas, kembali lagi ke pertanyaannya, apakah nasi uduk mengandung kolesterol?

Melansir Live Strong, Selasa (14/12/2021), nasi putih sendiri tidak mengandung kolesterol atau dikatakan bebas kolesterol. Begitu juga dengan santan, yang menjadi bumbu tambahan untuk memasak nasi uduk, yang tidak mengandung kolesterol.

Namun, untuk lauk-pauknya perlu Anda waspadai, karena bisa saja mengandung kolesterol. Misalnya saja bihun goreng, telur, tempe orek, hingga gorengan seperti bakwan, tempe, dan tahu goreng.

Seperti dilansir Healthline, telur dan makanan-makanan yang digoreng masuk ke dalam jajaran makanan berkolesterol tinggi. Hal ini karena makanan-makanan yang digoreng mengandung lemak trans, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan merugikan kesehatan secara keseluruhan.

Sementara itu, telur memberikan 211 mg kolesterol, atau 70 persen dari kebutuhan harian. Namun, penelitian menunjukkan bahwa telur tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol.

Selain itu, makan telur utuh dapat menyebabkan peningkatan HDL untuk pelindung jantung. Tak hanya itu, telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti vitamin B, selenium, dan vitamin A.

Sumber : Sindonews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->