Menghirup aroma alam bantu orang lebih tenang

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Menghabiskan waktu di luar untuk mencium hal-hal di alam dapat membantu orang-orang merasa santai dan bertambah kesejahteraannya, ungkap sebuah studi dari University of Kent’s Durrell Institute of Conservation and Ecology (DICE).

Studi sebelumnya, seperti dikutip dari Medical Daily, Rabu, menunjukkan alam berkontribusi pada kesejahteraan fisik, emosional, dan mental orang. Inilah sebabnya berkebun dapat membantu memberikan relaksasi dan ketenangan pikiran.

Tak hanya itu, aroma alam juga bermanfaat. Para peneliti menemukan aroma mempengaruhi berbagai jenis kesejahteraan manusia, terutama fisik.

Baca juga: Aromaterapi ternyata bermanfaat bagi kesehatan kulit

Tidak adanya bau juga dianggap dapat meningkatkan kesehatan fisik karena artinya lingkungan bersih tanpa polusi atau bau tak sedap yang terkait dengan daerah perkotaan.

Hal ini memungkinkan orang lebih tenang, berkurang stres dan kadar kortisol di dalam tubuhnya. Kadar kortisol yang tinggi sering dikaitkan dengan penyakit tertentu.

Menurut studi, para partisipan menciptakan hubungan yang bermakna dengan aroma tertentu, yang mempengaruhi kesejahteraan mereka dengan memicu reaksi emosional terhadap ingatan yang mereka buat.

Temuan penelitian juga menunjukkan aroma membangkitkan ingatan terkait aktivitas masa kecil yang biasa dilakukan partisipan.

“Alam menawarkan pengalaman multisensori, dan penelitian kami menunjukkan potensi signifikansi aroma untuk kesehatan,” kata peneliti studi Dr Jesscica Fisher.

Dia mengatakan temuan studi dapat menjadi masukan bagi spesialis kesehatan masyarakat, pembuat kebijakan, dan perencana lanskap yang ingin meningkatkan kesejahteraan orang-orang melalui alam.

Baca juga: Rekomendasi perjalanan tiga hari dua malam untuk “healing” di Bali

Baca juga: Aplikasi di “smartphone” untuk bantu usir penat dan stres

Baca juga: Yoga jadi alternatif tenangkan tubuh dan pikiran saat pandemi

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->