Berikut Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor

  • Bagikan
Menghilangkan Rasa Kantuk

Rasa kantuk saat bekerja tentunya hampir pernah dirasakan oleh semua orang.

Finroll.com – Penyebabnya pun beragam mulai dari kurang tidur, telat gajian, padatnya aktivitas, dan yang paling utama disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah, dehidrasi, dan juga berkurangnya kadar oksigen di dalam otak.

Kopi atau minuman berenergi lainnya sering menjadi pilihan saat mata dan badan sudah mulai lelah. Padahal kafein pada kopi, jika terlalu banyak juga tak baik bagi tubuh Anda. Terlepas dari apakah kafein sehat atau berisiko, masih banyak cara alami lain untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Jika hal tersebut sudah dialami maka bisa mempengaruhi mood dan juga kualitas kerja seseorang. Sebelum menjadi kebiasaan buruk yang melekat pada diri Anda ketika bekerja, sebaiknya segera lakukan cara ini untuk menghilangkan kantuk saat kerja

Berikut ini ulasan tentang cara menghilangkan rasa kantuk dikantor, Yuk Simak bersama pembahasannya di bawah ini!
  1. Minum air putih

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal, penyebab rasa kantuk saat kerja ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

Jika sudah begitu, selain bisa menyebabkan kantuk bisa juga menurunkan daya ingat, konsentrasi yang bisa mengakibatkan kualitas kinerja Anda menurun.

Tentunya solusi dari hal tersebut adalah dengan minum air putih. Air putih ini sangat ampun untuk menghilangkan kantuk saat kerja karena memiliki kandungan oksigen yang cukup banyak dan sangati baik untuk tubuh Anda.

Minum air putih ini sangat dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 gelas perhari. Nah, untuk Anda bekerja sebaiknya selalu persiapkan air minum di meja kerja Anda. Ketika Anda mengantuk air putih adalah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkannya.

Tak hanya diminum ketika Anda mengantuk saja, tetapi juga bisa diminum sebelum dan susdah makan. Ataupun ketika Anda sudah melakukan aktivitas yang padat dalam satu hari penuh.

  1. Jalan-jalan ke luar kantor

Cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda ngantuk. Jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor bisa membantu Anda mendapat udara segar. Melihat pemandangan baru juga bisa membuat badan Anda lebih segar.

  1. Olahraga ringan di sela-sela jam kerja

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Sebelum memulai aktivitas bekerja atau ketika waktu istirahat siang tiba cobalah untuk melakukan olah raga ringan. Adapaun olahraga yang dapat Anda lakukan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bungkukkan badan dengan posisi kaka lurus dan tangan menyentuh ujung jari kaki. Lakukan hal tersebut selama 5 sampai 8 kali dengan waktu 5 sampai 10 detik.
  • Beriktunya adalah melakukan posisi berdiri sambil menghadap ke salah satu sudut ruangan. Kemudian rentangkan tangan hingga sejajar dengan bahu kemudian gerakan seluruh jari tangan dengan posisi buka tutup hingga 10 detik dan lakukan sebanyak 5 sampai 10 kali.
  • Cara berikutnya adalah dengan melakukan posisi duduk, letakkan kedua tangan di pinggul Anda sambil merapatkan kedua kaki. Kemudian, busungkan dada dengan tatapan mata fokus ke depan.

Lakukan hal tersebut hingga Anda merasakan penegangan pada dada Anda. Jika sudah begitu tarik tulang bahu ke belakang secara bersamaan. Lakukan hal tersbeut hinga 10 kali dengan waktu 10 detik.

Dengan melakukan cara di atas selain bisa menghilangkan rasa kantuk saat kerja juga bisa membuat badan Anda menjadi sehat.

  1. Bercanda sejenak dengan teman seruangan

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, tonton video lucu dan tertawalah.

  1. Mendengarkan musik

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Cara untuk menghilangkan kantuk saat kerja berikutnya adalah dengan mendengarkan musik dengan irama yang membuat semangat. Cara tersebut banyak dilakukan oleh para karyawan yang memang terkena kantuk saat sedang bekerja dan terbukti sangat efektif.

Selain memilih lagu yang berirama semangat, Anda pun bebas memilih lagu-lagu favorit yang biasa Anda putar. Dengan begitu akan memberikan efek meningkatnya produktivitas kerja Anda.

Namun, untuk mendengarkan musik yang berirama semangat ini sebaiknya menggunakan headset agar teman-teman disekeliling Anda tidak merasa terganggu.

Untuk mendengarkan musik saat bekerja ini sangat dianjurkan untuk Anda yang memang bekerja dibagian divisi yang tidak berhubungan dengan customer. Karena itu, sebaiknya lakukan aktivitas tersebut ketika memang Anda sedang mengantuk ataupun ketika mood Anda  sedang tidak bersahabat

  1. Tidur siang

    Menghilangkan Rasa Kantuk

Bila cara di atas tidak mempan, maka tak ada pilihan lain selain tidur siang selama 10-20 menit di tempat kerja. Tentu saja konsekuensi dari tidur siang saat bekerja adalah Anda tidak bisa terlentang ataupun tengkurap.

Untukk bisa tidur siang saat di kantor ini sebaiknya dilakukan ketika jam istirahat selama waktu yang ditentukan.

Tak ada salahnya untuk meminta izin terlebih dahulu kepada atasan atau rekan kerja Anda. Hal ini berguna agar tidak ada yang menganggu dan terganggu dengan aktivitas tidur Anda ketika berada di kantor.

Tidur siang ini memang “obat” yang paling mujarab ketika rasa kantuk melanda. Karena itu tak ada salahnya untuk tidur sejenak selama disekeliling Anda tidak terganggu dan setelahnya Anda bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Selagi ada solusi maka lakukanlah, namun jika sudah tidak bisa ditolerir tak ada salahnya untuk bersitirahata sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Setuju?

Semoga bemanfaat!

  • Bagikan
-->