Jalan-jalan, Makan, Tidur Sebagai Kunci Sukses

  • Bagikan

Saat bertemu dengan kawan yang sudah lama tidak kita jumpai, biasanya sebagai pembuka percakapan adalah menanyakan kabar. Sebagai lanjutan juga terdengar seperi basa basi, masing-masing akan menganggap yang lain sudah mencapai kesuksesan. “hai,,, apa kabar?, sudah sukses ya sekarang”, demikian lebih kurang percakapan pembuka sebagai ice breaker.

Tidak dapat dipungkiri kalau kesuksesan merupakan tujuan hampir semua pribadi dalam menjalani kehidupan. Setiap insan pasti mempunyai mimpi atau cita-cita yang akan terus dikejar dengan sekuat tenaga dan segala kemampuan. Namun pada realita kehidupan, banyak orang-orang merasa gagal dalam meraih apa yang diimpikannya dan menganggap dirinya bukan orang yang sukses.

kegagalan sebenarnya merupakan hal biasa dalam sebuah perjalanan kehidupan untuk meraih cita-cita. Bahkan ada yang berpendapat kalau kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda. Selama kita mau terus belajar dan berusaha serta tetap fokus pada tujuan, kesuksesan hanyalah soal waktu belaka.

Belajar dan berusaha mungkin bukan hal yang sulit untuk terus dilakukan, namun untuk menjaga fokus menjadi problem tersendiri. Dalam dinamika kehidupan tidak selamanya semua berjalan seperti keinginan kita, keadaan terus berubah. Bahkan sering kali perubahan-perubahan tersebut membuat kita kehilangan fokus dalam mencapai sukses.

Ada tiga hal utama yang harus kita jaga agar tidak kehilangan fokus dan tetap berada pada rel menuju sukses. Tetap tenang dan selalu menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Saat ketiga faktor tersebut dapat kita jaga secara otomatis pikiran dan fokus kita akan menjadi seimbang.

Nah, selanjutnya bagaimana cara kita untuk tetap tenang, selalu sehat dan kebugaran pun terjaga dengan baik.

Yang pertama tenang, berbicara soal ketenangan tentu saja akan berkaitan dengan pikiran dan konsentrasi. Sebagai insan normal yang masih berkegiatan serta bersosialisasi tentunya akan ada saja hal yang masuk bahkan mengganggu pikiran. Saat pikiran kita semakin banyak dijejali dengan berbagai hal terutama yang berkaitan dengan masalah, sangat perlu untuk merefresh kembali otak kita.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyegarkan kembali pikiran adalah dengan keluar sejenak dari keseharian kita. Cobalah luangkan waktu untuk sekedar melakukan perjalanan ke tempat yang dapat menenangkan. Pergilah ke tempat dimana kita bisa tertawa, berdendang bahkan berteriak, keluarkan semua ekspresi terpendam.

Baca Juga : Empat Faktor Utama Sebagai Penyebab Kecelakaan Pesawat

Yang kedua kesehatan, kesehatan memiliki 3 aspek penting yaitu fisik, mental dan sosial. Ketiga aspek yang saling berkaitan harus dijaga secara berkesinambungan untuk mendapat kesehatan yang sebenarnya. Melakukan kegiatan jasmani seperti berolahraga dapat memberi pengaruh positif pada kesehatan. Namun sering kali untuk berolahraga kita tidak mempunyai waktu.

Ada hal lain yang setidaknya lebih mudah untuk dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan yang sudah menjadi kebutuhan alami dari tubuh. Bahkan akan ada tanda-tanda dari tubuh saat butuh asupan. Dengan makan teratur dan gizi yang seimbang, tubuh yang sehat akan secara otomatis kita dapatkan.

Yang terakhir kebugaran, antara kesehatan dan kebugaran tubuh banyak yang menganggap kalau kedua hal tersebut adalah sesuatu yang sama. Namun pada kenyataannya keduanya merupakan hal yang berbeda walau saling berkaitan. Dapat dikatakan orang sehat belum tentu bugar, sebaliknya saat tubuh kita bugar jasmani kita akan menjadi sehat.

Kegiatan yang kita lakukan dalam keseharian tentu saja akan berpengaruh pada fisik kita. Kebugaran tubuh akan mengalami penurunan, akan jadi sia-sia pikiran yang fresh tubuh sehat tapi tidak ditunjang dengan kebugaran. Bukan suatu hal yang sulit untuk menjaga kebugaran tubuh, cukup dengan merebahkan diri, pejamkan mata dan berusahalah untuk tidur.

Dalam keadaan tidur banyak hal baik yang terjadi pada tubuh, proses metabolisme tubuh akan berjalan sempurna, sel-sel dalam tubuh akan beregenerasi. Dengan tidur teratur kebugaran tubuh kita akan terjaga dengan baik. Cobalah untuk tidur setidaknya 6-8 jam dalam sehari.

Dari sekilas uraian di atas dapat kita tarik benang merah sebagai kunci menuju kesuksesan adalah bagaimana menjaga fokus pada tujuan. Beberapa faktor terkait dan langkah-langkah yang dapat dilakukan juga telah diutarakan di atas. Selanjutnya pilhan akan kembali kepada kita, bagaimana menyikapinya.

  • Bagikan
-->