Kemajuan Teknologi Telekomunikasi Membalut Pola Hidup

  • Bagikan
selalu ada sisi positif dan sisi negatif termasuk dalam hal kemajuan teknologi. Tidak selamanya positif atau sebaliknya
kemajuan teknologi telekomunikasi

Finroll.com – Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi telekomunikasi tentu akan berbanding lurus. Teknologi akan terus menyesuaikan dengan kebutuhan manusia. Peningkatan hingga penemuan baru dilakukan demi mempermudah kerja manusia dalam memenuhi hajat hidupnya.

Berbagai aspek dalam kehidupan telah tersentuh oleh kemajuan teknologi. Banyak bidang kerja manusia menjadi lebih cepat dan lebih mudah dilakukan dengan teknologi. Bahkan jarak bukan lagi masalah dalam melakukan sebuah komunikasi.

Teknologi dalam bidang telekomunikasi dapat dikatakan sebagai salah satu bidang yang paling pesat kemajuannya. Bidang  yang terus beradaptasi dengan zaman seakan berkembang lebih cepat dari pribadi yang mengikutinya.

Teknologi telekomunikasi dianggap mempunyai peran besar dalam meningkatkan kualitas manusia dalam menjalani kehidupan. Dengan alasan tersebut teknologi harus tetap diupayakan untuk terus berkembang.

Berbagai inovasi terus dilakukan dalam pengembanganya untuk memperbaiki taraf hidup manusia. Penelitian pun tak pernah berhenti demi tercapainya kemajuan teknologi telekomunikasi yang tepat guna.

Harus diakui banyak hal positif yang dapat kita ambil dari kemajuan teknologi. Komunikasi terasa lebih mudah bahkan dengan cara video call seakan berkomunikasi tanpa jarak. Bermacam informasi pun dapat kita temukan hanya dengan menggerakan jari jemari.

Bahkan dengan kemajuan teknologi telekomunikasi transaksi jual beli tidak harus selalu bertatap muka. Lagi-lagi hanya dengan menggerakan jari jemari bermacam kebutuhan bisa kita dapatkan.

Dalam pekerjaan pun banyak sekali yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada digenggaman kita. Misalnya saja jualan online, menjadi bloger atau vloger dan masih banyak lagi bidang lainnya.

Kemajuan dan keadaan seperti tersebut di atas seakan memanjakan kita dengan berbagai kemudahan. Namun tanpa disadari hal tersebut dapat membawa dampak yang kurang baik pada kehidupan sehari-hari.

Ilustrasi: kemajuan teknologi telekomunikasi
Ilustrasi: kemajuan teknologi telekomunikasi

Efek Negatif Kemajuan Teknologi

Perlahan namun pasti pola keseharian kita mengalami perubahan yang dapat dikatakan mengalami degradasi. Perubahan yang berbanding terbalik dengan kemajuan teknologi yang ada.

Ada beberapa aspek kehidupan yang nampak jelas terpengaruh dan memberikan efek negatif. Diantaranya adalah dalam hal interaksi dan kepedulian dengan sesama, kepekaan terhadap lingkungan, kesehatan dan banyak lagi.

Dengan teknologi di tangan pola pergaulan mengalami perubahan yang paling signifikan. Kalau dulu kita selalu berinteraksi dan bersentuhan secara langsung dengan orang lain. Sekarang interaksi dengan sesama lebih banyak dilakukan melalui perantara sebuah gadget.

Mungkin sering kita lihat ada beberapa orang duduk bersama namun masing-masing asik dengan gadget mereka. Ada yang sibuk membuka berbagai situs, menonton hiburan atau bermain game. Bahkan ada yang begitu senangnya chat dengan teman yang entah berada dimana.

Sangat sedikit terjadi percakapan dan tatap mata diantara mereka. Lebih terfokus pada gadget bahkan sesekali ada tawa tapi bukan karena percakapan diantara mereka. Mereka berkumpul, berdekatan tapi masing-masing malah asik dengan hal di tangan.

Sadar atau tidak, kita bisa berinteraksi lebih lama dengan gadget dibanding berbincang dengan sesama. Kita bisa melupakan waktu dan lapar bahkan kewajiban agama pun sering terabaikan karena asik bermain game.

Hal tersebut tentu saja akan mengikis moral, etika juga kepekaan dan kepedulian pada sekitarnya. Dampak kurang baik juga akan terasa pada kesehatan kita. Orang menjadi kurang bahkan malas untuk bergerak dan berolahraga karena hampir segalanya dapat dilakukan secara online.

Memang dalam segala hal selalu ada sisi positif dan sisi negatif termasuk dalam hal kemajuan teknologi. Tidak selamanya positif atau sebaliknya, semua kembali pada bagaimana kita menyikapinya.

Selayaknya kita harus bisa memanfaatkan teknologi secara baik dan lebih bermanfaat bagi pribadi maupun orang banyak. Jadikan teknologi menjadi tepat guna dengan penggunaan yang benar dan meninggalkan semua sisi negatif.

  • Bagikan
-->