Rabu, 24 Februari 2021

Perkembangan Pendidikan di Tiongkok,Penjelasannya!


Pendidikan tinggi di Tiongkok dimulai dengan pendirian universitas pertama di negara itu pada tahun 1896. Sampai berdirinya Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1949, pendidikan tinggi Tiongkok berkembang sebagian besar sesuai dengan model universitas Barat. Setelah titik putusnya ini dalam sejarah Tiongkok,

Sistem Pendidikan di Tiongkok memutuskan hubungan dengan dunia Barat

Ini berarti rekonstruksi pendidikan tinggi selama awal 1950-an. Selama waktu ini, universitas yang lebih besar dan lebih komprehensif dipecah menjadi institusi khusus yang lebih kecil seperti universitas teknik, perguruan tinggi pertanian, perguruan tinggi medis dan lembaga kereta api.

Setelah reorganisasi tahun 1950-an, universitas-universitas Tiongkok sejak tahun 1990 kembali ke model yang lebih barat dengan sekolah yang lebih besar dan pendidikan yang lebih umum. Terlepas dari perubahan yang sedang berlangsung ini, itu masih umum, dengan spesialisasi yang sangat tinggi dalam sistem pendidikan Tiongkok.

Sistem Pendidikan di Tiongkok

Sistem pendidikan Tiongkok didasarkan pada struktur pemilihan elit, di mana skor ujian masuk universitas nasional menentukan nasib Anda (setidaknya dalam sistem negara). Persentase populasi usia perguruan tinggi Tiongkok dalam pendidikan tinggi telah meningkat dari 1,4% pada tahun 1978 menjadi sekitar 20% pada tahun 2005. Setiap tahun 450.000 mahasiswa teknik lulus dari perguruan tinggi, 50.000 lulusan dengan gelar master, dan 8.000 lulusan dengan gelar Ph.D.

Pendidikan di Tiongkok untuk Swasta

Keluarga kaya tentu saja dapat menyingkirkan birokrasi yang ketat dari sistem pendidikan negara. Penyedia pendidikan swasta di Tingkok umumnya dijalankan sebagai organisasi laba dan bukannya lembaga akademis, meskipun kadang-kadang, Anda juga bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang sangat mengesankan melalui sumber-sumber alternatif ini. Baru-baru ini, universitas-universitas Inggris seperti Liverpool dan Nottingham telah membuka kampus-kampus afiliasi Asia di Tingkok karena menarik “kekayaan dengan otak”.

Pendidikan di Tingkok untuk pelajar asing

Pelajar asing adalah kelompok pelajar yang berkembang di Tingkok. Tiongkok menjadi negara terbesar kelima di dunia untuk menampung siswa yang masuk. Lebih dari 200 universitas di tingkat nasional diberi wewenang untuk mendaftarkan siswa internasional asing. Saat ini, ada lebih dari seperempat juta siswa internasional yang belajar di Tiongkok. Dan jumlah ini setiap tahunnya tumbuh 30 persen.

finroll pendidikan tiongkok pelajar asing

Jadi pendidikan sebagai layanan ekspor juga akan dimasukkan dalam daftar prioritas pemerintah Tiongkok dan penyedia pendidikan. Penerimaan untuk siswa asing biasanya merupakan proses yang jauh lebih mudah daripada bagi siswa domestik, bahkan untuk universitas ‘liga ivy’ Tiongkok seperti Universitas Tsinghua dan Universitas Beijing. Biasanya seseorang harus memiliki kompetensi bahasa Tiongkok tertentu sebelum diterima di program akademik reguler. Tetapi semakin banyak lembaga pendidikan Tiongkok mulai menawarkan program yang sepenuhnya diajarkan dalam bahasa Inggris.

( Sumber : Educations.com )

BACAAN TERKAIT