简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Tips jitu dapat “bintang lima” dari pembeli

  • Bagikan
Jakarta (ANTARA) – Ulasan dari pembeli sangat penting bagi kelangsungan bisnis yang berjualan online, bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk.

Mendapat ulasan bintang lima dari konsumen tentu menjadi impian bagi pedagang online. Pimpinan divisi edukasi pedagang di Tokopedia, Resti Purniandi, memberikan lima tips supaya mendapatkan ulasan terbaik dari pembeli.

1. Responsif dan komunikatif

Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan. Menurut Resti, usahakan menjawab pertanyaan konsumen, baik melalui fitur obrolan (chat) maupun kolom diskusi dalam 10 menit supaya pembeli tidak beralih ke toko lain.

“Sampaikan ke calon pembeli terkait jam buka-tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka,” kata Resti.

Jam operasional bisa diatur melalui fitur Jadwal Toko di aplikasi Tokopedia.

Baca juga: Pengguna fitur “Biaya Pendidikan” Tokopedia naik dua kali lipat

Baca juga: Jangan terjebak, ini cara mudah kenali penipuan lowongan kerja

2. Foto dan video

Gunakan foto dan video produk asli buatan sendiri untuk menambah keyakinan pembeli. Ambil foto dari berbagai sisi supaya detail produk bisa terlihat jelas.

Pilih latar belakang foto yang sederhana dan pencahayaan yang cukup supaya hasil foto terbaik.

3. Deskripsi jelas
Berikan penjelasan yang rinci soal produk, mulai dari merk, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, warna dan cara perawatan. Beri juga informasi soal jadwal pengiriman dan layanan logistik yang disarankan.

“Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli,” kata Resti.

4. Kemas produk dengan aman

Gunakan kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya supaya aman. Periksa ulang produk sebelum pesanan dikemas, pastikan tidak ada yang rusak.

Setelah itu kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan juag durasi pengiriman. Ingatkan konsumen membuat video ketika membuka paket supaya bisa dijadikan bukti jika ada keluhan.

5. Jaga komunikasi dengan pembeli

Setelah pesanan selesai, ucapkan terima kasih kepada pembeli dan tanyakan pengalaman berbelanja mereka. Minta kritik dan saran supaya pelayanan bisa menjadi lebih baik dan ajak mereka memberi ulasan.

Baca juga: Platform lokal jadi favorit pedagang online

Baca juga: Tokopedia dinobatkan jadi tempat kerja terbaik untuk inovator

Baca juga: Tokopedia luncurkan Reksa Dana Pendapatan Tetap
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->