Jakarta (ANTARA) – Alpine pada Selasa mengumumkan pebalap cadangan mereka Oscar Piastri akan dipromosikan sebagai rekan satu tim Esteban Ocon pada F1 tahun depan menggantikan Fernando Alonso yang pindah ke Aston Martin.

Sebelumnya, pada Kamis pekan lalu Sebastian Vettel menyatakan akan pensiun dari F1 di akhir musim nanti, yang memicu reaksi berantai yaitu pengumuman Aston Martin merekrut Alonso untuk menggantikan sang pebalap Jerman pada tahun depan.

Hal itu membuat satu bangku kosong di Alpine, yang bakal diisi oleh pebalap 21 asal Australia Piastri.

Piastri saat ini mengemban tugas sebagai pebalap cadangan tim milik Renault itu serta berstatus juara bertahan Formula 2 setelah meraih titelnya di tahun pertamanya sebagai rookie.

Baca juga: Alonso gantikan Sebastian Vettel di Aston Martin mulai 2023

Alpine menyatakan Piastri, sejak menjalani tugas sebagai pebalap cadangan, telah mendapat panduan tim dan dukungan finansial penuh serta program latihan yang komprehensif dan intensif di balik kemudi A521, mobil tim musim 2021, serta sesi simulator untuk menyiapkan dirinya ke F1.

“Alpine sekarang menantikan melihat tahap selanjutnya dari kariernya di F1 bersama Esteban Ocon,” demikian pernyataan resmi tim Alpine dikutip laman resmi F1.

Bos tim Alpine Otmar Szafnauer mengaku bangga dengan talenta yang ditunjukkan oleh Piastri.

“Kami bangga telah membina dan mendukung dia melewati jalur yang sulit dari formula junior.

“Lewat kolaborasi kami selama empat tahun tearkhir, kami telah melihat dia berkembang dan matang menjadi pebalap yang lebih dari cukup mampu menginjakkan kaki ke Formula 1.

Szafnauer menambahkan, Piastri dan Ocon akan menjadi duet yang “akan memberikan kami kontinuitas yang kami perlukan untuk meraih tujuan jangka panjang untuk menantang kemenangan dan kejuaraan.”

Baca juga: Honda dukung teknologi power unit Red Bull hingga 2025
Baca juga: Potensi Mercedes di Hungaria bakar semangat Hamilton menangi balapan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022