[gtranslate]

Mandalika penuhi kualifikasi dunia setelah top speed di atas target

  • Share
mandalika penuhi kualifikasi dunia setelah top speed di atas target 620f355c08cb6.jpeg
mandalika penuhi kualifikasi dunia setelah top speed di atas target 620f355c08cb6.jpeg

Pada akhir hari pertama, hari Jumat, top speed yang dicapai oleh Johann zarco sudah mencapai 314,8 km/ jam yang artinya bahwa pebalap sudah melakukan adjustment …

Jakarta (ANTARA) – Rata-rata top speed pebalap dalam test pramusim MotoGP Mandalika 2022 di atas 300 kilometer per jam sehingga Sirkuit Internasional Mandalika memenuhi kualifikasi olahraga balap dunia, kata Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, dalam keterangan persnya, Kamis.

Dalam official test yang diikuti 24 pebalap pada 11-13 Februari 2022 itu, pabrikan Ducati berhasil merajai catatan tertinggi.

Adapub Johann Zarco dari tim Pramac Racing memimpin catatan top speed dengan melaju sampai 314,8 km/jam di trek lurus Sirkuit Mandalika pada hari ketiga tes di trek sepanjang 4,31 km.

Baca juga: 17,5 persen lintasan Sirkuit Mandalika perlu diaspal ulang

Mansoer menjelaskan pihaknya melakukan evaluasi internal terhadap apa yang sudah berjalan dalam pre-season test dan pihaknya mendapatkan catatan bahwa tes di hari pertama pada 11 Februari 2022 pada pagi harinya, top speed pembalap mencapai 285 km/jam. Kemudian tes ditunda karena ada pembersihan sirkuit.

“Setelah dilakukan pembersihan, pada siang harinya tes dilanjutkan. Pada akhir hari pertama, hari Jumat, top speed yang dicapai oleh Johann zarco sudah mencapai 314,8 km/ jam yang artinya bahwa pebalap sudah melakukan adjustment, kami juga melakukan pembersihan di hari pertama sehingga pebalap bisa mencapai top speed yang memang diharapkan sekitar 310 km/jam ke atas atau 1 menit 33 detik per lap,” kata Mansoer.

Kemudian, hari kedua dan ketiga juga dimulai tepat waktu tanpa ada penundaan. Pebalap juga semakin meningkatkan performanya. “Jadi top speed hari pertama sampai ketiga semuanya mencapai 314 km/jam,” ungkap Abdulbar.

Baca juga: ITDC pastikan lintasan Sirkuit Mandalika sesuai standar FIM

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Andhi Satria menambahkan pihak Dorna dan FIM juga telah memberikan masukan perbaikan dalam hal estetika pada sirkuit seperti pengecatan sisi lintasan pada motif tenun, perbaikan tenda untuk marshall di sisi lintasan dan beberapa detil lainnya.

Selain catatan resurface lintasan dan kebersihan, secara umum pihak penyelenggara balap puas dengan kondisi sirkuit internasional tersebut.

“Juga soal petugas di lintasan sepanjang ajang pre season. Ada sekitar 400 marshall baru yang dilatih dengan kami mendatangkan marshall berlisensi COC dari Malaysia sebanyak tiga orang. Jadi dari Dorna dan FIM mengungkapkan kepuasan mereka melihat sigapnya petugas lintasan termasuk soal keamanan, dokter juga lintasannya sendiri,” ucap Andhi.

Baca juga: Evaluasi tes pramusim, Sirkuit Mandalika berbenah persiapkan MotoGP

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

  • Share

Leave a Reply

-->