Penggantian kerb dari yang biasa menjadi kerb Misano sudah selesai

Mataram (FINROLL) – Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba memastikan bahwa perbaikan kerb atau gundukan gerigi yang berada di tepi lintasan Sirkuit Internasional Mandalika telah rampung.

“Penggantian kerb dari yang biasa menjadi kerb Misano sudah selesai,” kata Samsul di Mataram, Rabu.

Dia pun memastikan desain kerb yang berada di sepanjang tepi lintasan Sirkuit Mandalika kini sudah mirip dengan kerb di Sirkuit Misano, Italia.

“Jadi, sebelumnya kerb di Sirkuit Mandalika itu kerb biasa, lebarnya 1 meter. Yang baru ini bertambah lebar, jadi 1,5 meter, seperti di Sirkuit Misano, makanya disebut Kerb Misano,” ucapnya.

Perbaikan kerb di Sirkuit Mandalika, lanjut dia, berada di tikungan 5 dan tikungan 6 dengan panjang keseluruhan 260 meter.

“Perbaikan-nya tidak menerus dalam satu garis, jadi ada beberapa titik di dua tikungan itu saja,” ujar dia.

Perbaikan kerb ini pun dikatakan Samsul menjadi salah satu rekomendasi dari Dorna Sport dan Federasi Internasional Motorcycle (FIM). Sekaligus menjadi syarat Sirkuit Mandalika lulus dalam uji standar atau homologasi grade A.

Selain kerb, rekomendasi perbaikan juga ada pada sisi lintasan aspal di sejumlah tikungan sirkuit atau run-off.

“Yang diminta itu pelebaran run-off di lima tikungan. Tiga tikungan sudah diaspal dua lapis, dua tikungan lagi masih pekerjaan tanah,” kata Samsul.

Meskipun masih dalam tahap demikian, namun dia memastikan akhir September ini perbaikan run-off Sirkuit Mandalika sudah rampung.

“Pekan ini semua (run-off), sudah kami aspal dua lapis,” ujarnya.

Kemudian perbaikan jalur lintasan (track) yang diminta untuk diaspal ulang, Samsul meyakinkan hal itu akan dilaksanakan mulai pertengahan Oktober 2022.

“Untuk track, kami targetkan 30 Oktober sudah selesai,” ucap dia.

Perbaikan sarana Sirkuit Mandalika ini merupakan bagian dari persiapan MGPA menyambut gelaran World Superbike Championship (WSBK) pada 11-13 November 2022.

Baca juga: Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto terima penghargaan dari MGPA