Selasa, 23 Maret 2021

4 Hal Wajib Anda Ketahui Jelang MotoGP 2021: Jumlah Balapan, Pembalap Pindah Tim sampai Perubahan Regulasi


Jakarta – MotoGP 2021 sudah di depan mata. Akhir pekan ini, tepatnya 26-28 Maret, bakal berlangsung seri perdana MotoGP Qatar di Sirkuit Losail.

Seri pembuka ini sudah dipastikan tanpa pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu telah mengkonfirmasi bahwa dirinya masih membutuhkan waktu untuk memulihkan kondisinya.

Meski tanpa Marc Marquez pada awal musim, bukan berarti jalannya persaingan pada MotoGP 2021 bakal berjalan hambar. Sebaliknya begitu banyak teka-teki menuju musim baru ini.

Seperti apakah Joan Mir dan rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins masih berstatus unggulan terdepan mengingat ada regulasi larangan penggunaan mesin baru di MotoGP 2021.

Dengan larangan penggunaan mesin itu, sepertinya motor yang kompetitif musim 2020 bakal kembali superior pada tahun ini.

Namun jika melihat tes pramusim MotoGP Qatar 2021, pembalap Ducati dan Yamaha memperlihatkan ada di depan Suzuki. Jack Miller dengan semua kelebihan motor Ducati Desmosedici di Losail ditengarai jadi favorit utama akhir pekan ini.

Jangan lupakan juga trio pembalap Yamaha: Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli. Siapa juga tidak penasaran dengan debut Valentino Rossi bersama Petronas Yamaha di MotoGP Qatar 2021?

Ya begitu banyak teka-teki menarik menuju MotoGP 2021. Sebelum Anda menyaksikan jalannya persaingan musim ini, yuk scroll ke bawah untuk melihat 4 hal yang wajib Anda ketahui jelang musim baru.

1. Jumlah Balapan Bertambah Menjadi 19

Akibat pandemi COVID-19, banyak balapan di MotoGP 2020 dibatalkan. Akibatnya musim lalu hanya berlangsung 14 seri dan beberapa sirkuit harus menggelar dua balapan sekaligus.

Untuk musim 2021, Dorna merencanakan total 19 seri yang jumlahnya bisa berkurang lantaran potensi pembatalan akibat COVID-19. Ada satu sirkuit berstatus pengganti yaitu Sirkuit Mandalika, Indonesia yang sekarang sedang dikebut pengerjaannya.

Jababeka industrial Estate

Sirkuit Losail, Qatar akan menggelar seri pembuka pada 28 Maret 2021. Di trek sama juga bakal berlangsung seri kedua, 4 April.

2. Hanya 1 Tim Tidak Ganti Pembalap

MotoGP 2021 diwarnai banyaknya pembalap yang ganti tim. Tercatat hanya ada satu tim yang mempertahankan komposisi pembalap musim sebelumnya.

Adalah Suzuki Ecstar yang masih mengandalkan sang juara dunia, Joan Mir dan Alex Rins. Selebihnya setiap tim setidaknya menampilkan satu pembalap baru.

Seperti Petronas Yamaha SRT yang akan diperkuat Valentino Rossi. Ada juga pabrikan merombak habis komposisi pembalap. Adalah Ducati yang mengontrak Pecco Bagnaia dan Jack Miller.

3. Mesin Sama Seperti 2020

Dorna sadar betul aspek ekonomi tim-tim MotoGP terpukul akibat pandemi COVID-19. Untuk mengantisipasinya, Dorna dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) sepakat merilis regulasi bahwa mesin untuk musim 2021 adalah yang digunakan pada tahun 2020.

Modifikasi hanya dibolehkan untuk beberapa komponen. Karena regulasi inilah, tim-tim fokus mengembangkan motor MotoGP 2021 di bagian aerodinamika atau komponen non mesin seperti lengan ayun sampai sasis.

Mengingat mesin adalah aspek utama dalam motor balap, bisa jadi motor yang kompetitif pada musim 2020 akan kembali digdaya di tahun 2021. Yuk kita lihat saja.

4. Wildcard Dibolehkan Lagi

Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa menghadiri sesi konferensi pers jelang MotoGP Jerman di Hohenstein-Ernstthai, Kamis (12/7). Pedrosa yang kini berusia 32 tahun akan digantikan oleh Jorge Lorenzo pada musim depan. (AFP/dpa/Jan Woitas/Germany OUT)
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa menghadiri sesi konferensi pers jelang MotoGP Jerman di Hohenstein-Ernstthai, Kamis (12/7). Pedrosa yang kini berusia 32 tahun akan digantikan oleh Jorge Lorenzo pada musim depan. (AFP/dpa/Jan Woitas/Germany OUT)

Pembalap yang ingin mentas di MotoGP 2020 dengan menggunakan wildcard tidak dibolehkan untuk menghindari bertambahnya kerumunan akibat COVID-19. Kini di musim 2021, pembalap wildcard dibolehkan lagi.

Tapi maksimal hanya dua pembalap setiap serinya. Regulasi ini sangat menarik. Karena kini banyak pembalap hebat berstatus pembalap penguji. Seperti Dani Pedrosa di KTM, Andrea Dovizioso bersama Aprilia atau Cal Cruthlow dengan Yamaha.

Nama-nama di atas bisa memanfaatkan regulasi wildcard ini untuk merasakan atmosfer balapan MotoGP 2021.

Sumber : Bola.com


Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT