Senin, 25 Februari 2019

Tahun 2021 Indonesia Resmi Menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok


Resmi, MotoGP akan digelar di Indonesia yakni di sirkuit Mandalika, di Lombok, NTB pada 2021 dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

Finroll.com – Warga NTB, khususnya di Lombok Tengah, menyambut gembira atas rencana pembangunan sirkuit Mandalika. Apalagi sirkuit itu akan menjadi tempat penyelenggaraan balapan MotoGP 2021.

“Pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah menyambut baik rencana pembangunan sirkuit ini. Hal ini menunjukkan bahwa Lombok Tengah memiliki keunggulan dibandingkan daerah lainnya,” ungkap Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT.

Sudah lama kabar Indonesia akan jadi tuan rumah MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kabar terbaru, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, mengklaim sudah punya kesepakatan dengan Dorna Sports, pemilik MotoGP.

Dilansir dari GridOto, ITDC mengklaim sudah ada tanda tangan kontrak dengan pihak Dorna Sports.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer. Pihaknya telah meneken kontrak untuk menggelar balap MotoGP pada 2021.

Sirkuit Mandalika

“Kami tanda tangan kontrak pada Januari dengan Dorna, kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021.”

“Kami siapkan venue, bangun sirkuit,” ungkap Abdulbar dikutip dari Grid Oto.

Indonesia sudah meneken kesepakatan dengan Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021. Kontrak berdurasi tiga tahun, yang artinya Indonesia menjadi tuan rumah balapan untuk Marc Marquez dkk sampai 2023.

FHI indonesia 2021

Untuk pertama kalinya sejak 1997, Indonesia akan jadi tuan rumah balapan kelas primer tersebut. Saat masih berformat GP 500cc, Indonesia dua kali menggelar balapan setelah pertama tahun 1996.

Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Tempat tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan.

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Kalender MotoGP

Menurut rencana, MotoGP Indonesia bakal masuk ke kalender balap pada musim 2021 dengan Mandalika, NTB, sebagai tuan rumah.

Penunjukkan kawasan Mandalika sebenarnya bukan hal yang mengejutkan mengingat Carmelo Ezpelata (Bos Dorna) sudah mengunjungi lokasi itu pada akhir 2018 lalu.

Lalu pertanyaan selanjutnya, di ajang MotoGP Indonesia, Apakah Rossi Masih Balapan?

Para penggila MotoGP tentunya ingin menyaksikan aksi Rossi di lintasan secara langsung, setelah selama ini lebih banyak melihat lewat layar kaca. Ya, Rossi masih jadi magnet utama untuk balapan MotoGP meski sudah berumur 40 tahun.

Sirkuit Mandalika

Tapi, pertanyaan besar adalah apakan Rossi nantinya masih membalap di MotoGP? Memang Rossi tetap membalap di musim 2019 ini bersama Yamaha yang juga jadi musim ke-19-nya di ajang ini.

Meski begitu, melihat performa Rossi belakangan ini yang mulai menurun, fans mulai khawatir bahwa Rossi sudah menyerah mengejar gelar juara dunia dan ingin pensiun menikmati masa tuanya. Memang Rossi belum berikrar kapan akan gantung helm, tapi dengan usianya saat ini, maka hal itu tinggal menunggu waktu saja.

Bapak Rossi, Graziano, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan harapan bahwa sang anak akan tetap membalap sampai usia 46 tahun, sama seperti nomor favoritnya di motor.

Sebagai catatan, pebalap tertua yang pernah memenangi balapan MotoGP adalah Fergus Anderson pada usia 44 tahun 237 hari di MotoGP Spanyol 1953. Apakah Rossi bisa membalap sampai setua itu? Kita tunggu saja.

BACAAN TERKAIT