Jakarta (ANTARA) – Pebalap Ferrari Carlos Sainz mencatat waktu tercepat di sesi latihan bebas kedua Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone, Jumat.

Sang pebalap Spanyol mencetak lap terbaiknya satu menit 28,942 detik, lebih cepat 0,163 detik dari juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton yang membawa Mercedes menjadi mobil kedua tercepat hari itu.

Lando Norris finis ketiga untuk McLaren di sesi latihan kedua dengan kondisi trek kering, tidak seperti di sesi pagi yang setengah basah.

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen mengeluhkan adanya “suara aneh” yang terdengar dari mobil Red Bullnya sebelum finis keempat, mengungguli Charles Leclerc yang membawa mobil Ferrari kedua ke P5.

Baca juga: Verstappen mencari penebusan di Silverstone

Hamilton, memegang rekor delapan kemenangan di Silverstone, memberi tahu timnya ada sesuatu yang copot dari bagian lantai mobilnya di tikungan sembilan pada akhir sesi.

Mercedes membawa sejumlah upgrade besar untuk meningkatkan performa mobilnya di Silverstone, berharap membekali Hamilton dan rekan satu timnya George Russell dengan mobil yang lebih kompetitif menyusul jebloknya performa W13 di lintasan.

Vallteri Bottas memimpin catatan waktu FP1 yang setengah basah dan nyaris tak ada artinya pada sesi pagi, di saat separuh pebalap termasuk Verstappen tak mencatatkan waktunya di sesi latihan pembuka.

Bottas melaju hanya sembilan lap dan catatan terbaiknya 1:42,249 detik dengan mobil Alfa Romeo, sedangkan Hamilton 0,532 detik lebih lambat di peringkat dua.

Baca juga: Bos Mercedes yakin Hamilton punya peluang menang di Silverstone

Hanya mereka berdua yang sempat menjajal lintasan dengan ban slick pada akhir sesi FP1, di saat yang lain melaju dengan ban basah di cuaca musim panas khas Inggris yang diwarnai hujan dan sesekali matahari bersinar terik.

Meski demikian, tribun dipadati penonton dengan lebih dari 400.000 fans diperkirakan membuat tiket menonton ajang balap selama tiga hari di Silverstone ludes terjual, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 356.000.

Itu akan menjadi kehadiran paling banyak dalam ajang selama tiga hari untuk suatu ajang olahraga di Inggris.

Sesi latihan pertama sempat diwarnai bendera merah ketika mobil Aston Martin Lance Stroll terjebak di gravel area run-off di Copse.

Di klasemen, Verstappen mengungguli rekan satu timnya dengan 46 poin setelah sembilan balapan.

Formula 1 juga menguji kamera pedal yang dipasang di dalam kokpit mobil McLaren Lando Norris, untuk pertama kalinya sudut kamera seperti itu dipakau sejak GP Belgia 2000.

Penyelenggara ingin memanfaatkan teknologi untuk memberikan sudut pandang baru dari cara kerja para pebalap di kokpit, termasuk memasang kamera di helm pebalap, demikian Reuters.

Baca juga: Penyelenggara Grand Prix Inggris bersiap antisipasi ancaman protes
Baca juga: Madrid tertarik jadi tuan rumah balap Formula 1

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022