Jakarta (ANTARA) – Pebalap tim Red Bull Max Verstappen meraih kemenangan keempatnya musim ini di Grand Prix Spanyol pada Minggu setelah rival utamanya, Charles Leclerc dari tim Ferrari mengalami kerusakan mesin saat memimpin lomba sehingga gagal finis (DNF).

Verstappen start dari P2 dan sempat kehilangan posisi setelah melakukan kesalahan di tikungan 4 yang membuat mobilnya kehilangan kendali pada lap ke-9.

Sang pebalap Belanda juga sempat direpotkan dengan DRS yang gagal dibuka beberapa kali ketika mengejar George Russell. Ketika sayap belakang mobilnya kembali berfungsi Verstappen mendorong upaya merestorasi posisinya dengan menyalip Russell dan Sergio Perez sebelum Leclerc mengalami masalah teknis.

Leclerc tampil anti-klimaks. Setelah memimpin ketiga sesi latihan dan merebut pole position, sang pebalap Monako kehilangan tenaga mobilnya ketika memimpin lomba hingga lap ke-27 dan terpaksa menyudahi balapan lebih dini.

Baca juga: Leclerc kalahkan Verstappen untuk pole position Grand Prix Spanyol

Nasib kurang mujur juga dialami rekan satu timnya, Carlos Sainz. Pebalap yang masih berupaya mengincar kemenangan pertama dalam kariernya itu menyia-nyiakan hasil kualifikasi P3 dengan start yang lambat.

Sang pebalap Spanyol juga kehilangan kendali mobilnya menuju gravel tikungan 4 pada lap ke-7. Meski demikian, Sainz mampu kembali ke depan dan menyelesaikan balapan sepanjang 66 putaran itu di P4.

Finis 13,072 detik di belakang Verstappen, Perez membantu Red Bull finis 1-2 dan Russell kembali mempersembahkan podium untuk Mercedes di tempat ketiga, demikian laman resmi F1.

“Saya keluar lintasan, saat saya kehilangan grip belakang. Dan saya menunggu di belakang mencoba menyalip tapi DRS tidak selalu bekerja yang membuatnya sulit,” kata Verstappen setelah meraih tiga kemenangan beruntun.

“Kami memiliki strategi untuk kembali ke depan lagi dan mengeluarkan kecepatan kami. Awal yang sulit tapi selalu menjadi akhir yang baik. Saya mencoba selalu fokus, yang tidak pernah mudah.”

Baca juga: Leclerc harap upgrade di Spanyol bawa Ferrari salip Red Bull lagi

Dengan hasil itu, Verstappen naik ke puncak klasemen dengan koleksi 110 poin, menggeser Leclerc ke peringkat dua dengan selisih enam poin setelah enam balapan.

Perez menghuni peringkat tiga dengan 85 poin diikuti Russell dengan 74 poin.

“Saya tidak tahu lebih lanjut daripada apa yang terjadi pada dasarnya. Saya tidak mengalami tanda-tanda sebelumnya dan kemudian mesin itu tiba-tiba rusak, saya kehilangan tenaga sama sekali,” kata Leclerc.

“Di momen-momen seperti itu saya yakin tidak ada yang bisa saya perbuat selain melihat hal positif dan masih banyak balapan yang lain.”

Lewis Hamilton finis P5 di mobil Mercedes kedua setelah pada lap pembuka mendapati ban bocor imbas senggolan dengan mobil Haas Kevin Magnussen.

Valtteri Bottas meneruskan tren finis poin untuk Alfa Romeo di P6. Duet tim Alpine Esteban Ocon dan Fernando Alonso finis P7 dan P9 mengapit Lando Norris yang finis P8 untuk McLaren di saat Yuki Tsunoda melengkapi sepuluh besar untuk AlphaTauri.

Selesai di Catalunya, Sirkus F1 akan berlanjut ke Monako pada pekan depan.

Baca juga: Mercedes tampil solid, tapi Hamilton masih kalah dari Russell
Baca juga: Statistik Grand Prix Spanyol
Baca juga: GP Spanyol kesempatan bagi Carlos Sainz untuk bersinar

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022