Senin, 6 Desember 2021

Verstappen paling bersalah sebabkan tabrakan dengan Hamilton di Jeddah


Saya mendapatinya menarik bahwa hanya saya yang mendapat penalti di saat kami berdua melaju keluar garis putih

Jakarta (ANTARA) – Max Verstappen membela dirinya setelah steward Formula 1 mendapati pebalap Red Bull itu paling bertanggung jawab dalam insiden tabrakan dengan rival utamanya, Lewis Hamilton di Grand Prix Arab Saudi pada Minggu.

Pebalap berusia 24 tahun asal Belanda itu diganjar dua penalti, yaitu sanksi lima detik karena memotong tikungan demi menjaga keunggulan posisi saat bertahan dari serangan Hamilton dan 10 detik tambahan setelah balapan karena menyebabkan tabrakan saat ia berupaya menyerahkan kembali posisi pimpinan lomba ke pebalap Mercedes tersebut.

“Saya mengarah ke sisi kanan dan saya melambatkan mobil dan saya mengerem, menurunkan gigi dan dia berada sangat dekat di belakang saya,” kata Verstappen, seraya menambahkan ia hanya ingin membiarkan Hamilton lewat.

Baca juga: Hamilton redam Verstappen di tengah kacaunya GP Arab Saudi

Hamilton, sementara itu menabrak mobil Red Bull itu dari belakang, yang kemudian menuduh Verstappen menguji pengereman.

“Saya melaju semakin lambat, menurunkan gigi dan kemudian kami mengalami miskomunikasi atau apapun itu dan dia menubruk bagian belakang saya dan itu yang terjadi,” kata Verstappen dikutip Reuters.

Steward memandang Hamilton bisa saja menyalip ketika Verstappen melambatkan diri.

Tapi mereka paham kenapa dia atau Verstappen tidak ingin berada di depan menuju zona DRS, yang dapat membuat siapapun yang berada di depan rentan tersalip pebalap di belakangnya.

Pengawas balapan mendapati Verstapen mengerem dengan tiba-tiba dan tidak menentu dan memutuskan sang pebalap paling bertanggung jawab menyebabkan tabrakan.

Jababeka industrial Estate

Berbicara soal manuver defensifnya di lap ke-37 itu, Verstappen mengatakan ia tidak paham kenapa diganjar penalti lima detik.

Baca juga: Drama tabrakan sebabkan chaos di GP Arab Saudi

“Saya mendapatinya menarik bahwa hanya saya yang mendapat penalti di saat kami berdua melaju keluar garis putih,” kata dia.

“Anda bisa melihat dengan jelas kami berdua melewatkan tikungan.

“Saya rasa akhir-akhir ini kita lebih banyak bicara soal garis putih dan penalti ketimbang balapan Formula 1 yang sebenarnya.”

Verstappen berhak mempertahankan posisi finis runner-up di belakang Hamilton kendati mendapat penalti dari steward.

Sang pebalap Inggris mendapat satu poin tambahan dari lap tercepat yang membawanya menyamakan raihan poin Verstappen dengan satu balapan tersisa di Abu Dhabi pekan depan.

Verstappen masih menghuni puncak klasemen karena ia memenangi lebih banyak balapan, sehingga siapapun yang finis lebih tinggi di antara kedua pebalap di seri penutup musim nanti akan menjadi juara dunia.

Baca juga: Hamilton amankan pole GP Arab Saudi, Verstappen tabrak pagar pembatas
Baca juga: Hamilton lolos dari penalti, Mercedes kena denda di GP Arab Saudi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT