Jumat, 26 Februari 2021

Gamer Esport MotoGP Indonesia yang Mendunia, Putut Maulana


Nama Indonesia ikut terangkat saat adik kandung dari Marc Marquez, pembalap MotoGP Repsol Honda, Alex Marquez, memenangkan Virtual Race MotoGP.

Usai finis pada urutan pertama dengan keunggulan cukup jauh dari Pecco Bagnaia, Alex menuturkan kunci kemenangannya. Yaitu adalah masukan dari gamer Esport MotoGP asal Indonesia, Putut Maulana.

Tentang Putut Maulana, Sang Progamer

finroll pututmaulana

Nama Putut Maulana atau Moe27 memang telah mendunia. Dia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Esport dunia, khususnya MotoGP.

Pada tahun 2018, Putut Maulana bahkan sempat tembus sampai semifinal MotoGP Esport Championship. Kemudian ia juga menempati posisi ke delapan dan berstatus sebagai gamer MotoGP Esport dari tim satelit LCR Honda.

Yang paling membanggakan adalah ia merupakan satu-satunya gamer asal Indonesia pada kategori Rest of The World. Dua kontestas lain dari kategori ini datang dari Australia dan Brasil.

Kepada Bola.com, Putut Maulana menceritakan tentang pengalamannya bersama tim LCR Honda sangat fantastis dan terbaik sepanjang hidupnya.

“Ya, saya bisa bertemu idola MotoGP seperti Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami, Johann Zarco, Alex Rins dan Jack Miller,” kata Putut Maulana.

“Pengalaman bersama tim LCR sangat memuaskan. Seluruh tim sangat ramah. Terasa seperti keluarga sendiri dan begitu memberikan support,” tambahnya.

Perkembangan Esport

Lebih lanjut, Putut Maulana merasa senang dengan perkembangan Esport, tidak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Salah satu petunjuknya yaitu saat ini kian banyak tim asal Indonesia di cabang Esport lainnya yang sudah bersaing dan menang di tahap internasional.

“Secara umum Esport semakin populer terutama di kalangan muda, dan terbukti bisa menjadi salah satu industri besar di bidang game,” kata Putut.

Jababeka industrial Estate

“Secara khusus bagi esport racing akan semakin membantu real sport-nya menjadi semakin populer begitu juga sebaliknya real sport membantu esport-nya untuk menjadi semakin populer,” lanjutnya.

MotoGP Esport Championship 2020

Untuk MotoGP Esport Championship 2020, Putut telah memperpanjang kontrak bersama tim LCR Honda. Mengenai target, ia mengaku ingin finis podium di salah satu race dan meraih hasil lebih baik pada fase Championship enam besar.

“Bukan hal mudah karena harus berhadapan dengan podium finisher dan best Rookie di tahun 2017-2019 seperti Juan_nh16, Wimp, EleGhosT555. Dan banyak rider MotoGP esport baru bermunculan di tahun ini,” ujar pria yang berprofesi sebagai 3D Visual Artist ini.

Bukan hal mudah memang berprestasi di MotoGP Esport Championship. Seorang pembalap menurutnya harus fokus utamanya ketika race event dan sangat minim melakukan kesalahan.

(Sumber : Bola.com)

BACAAN TERKAIT