Minggu, 8 Agustus 2021

Basket putri AS sabet emas Olimpiade ketujuh berturut-turut


Jakarta (ANTARA) – Brittney Griner mencetak 30 poin setelah berhasil pada 14 dari total 18 lemparan yang dia buat untuk membawa putri Amerika Serikat meraih medali emas bola basket putri yang ketujuh berturut-turut dengan menang 90-75 atas Jepang di Saitama, Jepang, Minggu.

A’ja Wilson menyumbangkan 19 poin, tujuh rebound, lima assist, dan lima blok untuk Amerika Serikat yang telah memenangkan 55 pertandingan Olimpiade berturut-turut. Breanna Stewart mencatatkan 14 poin, 14 rebound, lima assist, empat steal, dan tiga blok.

“Ini 20 tahun penuh pengorbanan serta mengesampingkan segalanya dan hanya ingin menang. Tidak gampang bermain bersama tim ini, tekanan, tetapi grup ini menemukan cara untuk menang,” kata Diana Taurasi seperti dikutip Reuters.

Dua pemain veteran Sue Bird (tujuh poin) dan Taurasi (tujuh poin, delapan assist) masing-masing memenangkan medali emas kelimanya untuk AS.

“Yang ini, tujuh kali berturut-turut. Ini bukan soal kami,” kata Bird. “Ini tentang semua pemain yang merancang panggung atau berada di sana saat ini.”

Maki Takada mencetak 17 poin dan Nako Motohashi menambahkan 16 poin untuk Jepang.

Amerika Serikat juga mengalahkan Jepang 86-69 dalam babak pool 30 Juli lalu.

Amerika mencatat efektivitas lemparan 53,6 persen, termasuk berhasil pada 4 dari 13 lemparan tiga angka. AS memblok 12 lemparan, sedangkan Jepang tak satu pun melakukannya. Griner bahkan membuat tiga blok.

Jepang membukukan efektivitas lemparan 36,4 persen, termasuk memasukkan 8 dari 31 lemparan tiga angka. Motohashi berhasil pada 4 dari 5 lemparan jarak jauh yang dia lesakkan.

Amerika Serikat unggul sembilan poin pada awal kuarter ketiga sebelum mengandaskan Jepang dalam selisih besar 21-6.

Jababeka industrial Estate

Wilson mencetak skor berturut-turut saat AS membuka keunggulan 58-43 ketika waktu tinggal 7 menit 28 detik pada kuarter tersebut.

Lemparan tiga angka Bird dan satu lemparan Wilson membuat AS memimpin 68-47 pada 3 menit 30 detik tersisa.

81 detik kemudian, Stewart memasukkan lemparan tiga angka untuk memperlebar kedudukan menjadi 73-49 pada 2 menit 9 detik terakhir.

Amerika Serikat memimpin 75-56 memasuki periode terakhir sebelum Griner dan Wilson membuka periode dengan rangkaian basketnya.

Tak lama kemudian, Stewart mengonversi lemparan tiga poin dan Griner menambahkan dua poin saat keunggulan melebar sampai 25 poin dalam kedudukan 84-59 pada sisa waktu 5 menit 52 detik.

Griner mencetak 18 poin setelah memasukkan 9 dari total 10 lemparan pada paruh pertama saat Amerika Serikat memimpin 50-39. AS mencatat efektivitas lemparan 62,9 persen pada paruh waktu sementara Jepang hanya 39,5 persen.

AS langsung memimpin 18-5 sebelum unggul 23-14 setelah satu kuarter. Jepang berada dalam jarak 38-32 setelah mendapatkan sumbangan lemparan tiga angka dari Naho Miyoshi dalam sisa waktu 4 menit 5 detik pada paruh pertama sebelum Amerika Serikat merampas delapan poin berikutnya dalam perjalanan menuju unggul dalam selisih 11 poin saat jeda.

Baca juga: Kevin Durant pandu AS raih emas bola basket putra Tokyo 2020
Baca juga: Rekor assist Rui Machida antar basket putri Jepang ke final Olimpiade
Baca juga: Tim bola basket dan voli putri AS di ambang sabet emas Olimpiade

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT